Salurkan Hobi Bercocok Tanam Saat Pandemi, Soimah Raup Keuntungan Mencapai Rp 20 Juta Per Bulan

Kompas.com - 30/11/2020, 19:28 WIB
Soimah berbincang-bincang dengan Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho dalam program acara BEGINU yang tayang di YouTube Kompas.com. YouTube Kompas.comSoimah berbincang-bincang dengan Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho dalam program acara BEGINU yang tayang di YouTube Kompas.com.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak pandemi corona (Covid-19) juga sempat dirasakan artis Soimah Pancawati. Hanya saja, dia beruntung memiliki hobi yang akhirnya justru bisa menghasilkan di saat itu.

Di saat penghasilannya menurun, di sisi lain Soimah masih harus mengeluarkan uang untuk berbagai keperluan, termasuk orang-orang yang bekerja untuknya.

Baca juga: Sebelum Jadi Artis, Soimah Akui Sering Pakai Barang Palsu

Saat stres memikirkan banyaknya pengeluaran tapi pemasukan berkurang itu, Soimah mengalihkannya pada hobinya bercocok tanam.

"Kebetulan aku punya hobi bertanam. Akhirnya daripada stres, aku lebih fokus, lebih mantepin hobi yang waktu itu aku sempat jualan (tanaman)," kata Soimah dikutip dari konten Beginu Kompas.com, Kompas.com, Senin (30/11/2020).

Peluang mengisi waktu selama pandemi dengan bercocok tanam dimanfaatkan Soimah untuk menjadikan hobinya itu ladang bisnis baru.

Baca juga: Disinggung Masalah dengan Artis Lain, Soimah: Emangnya Saya Nikita Mirzani

Tak main-main, penghasilannya ketika pandemi corona (Covid-19) bisa mencapai puluhan juta rupiah.

"Waktu itu waktu di Yogja beberapa bulan, per bulannya entuk Rp 15 juta -20 juta, lumayanlah dari tanduran," ucap Soimah.

Soimah beruntung karena dia bisa melakukan pembibitan sendiri, sehingga jumlah tanaman miliknya semakin bertambah banyak meskipun dijual.

Baca juga: Soimah Minta Raffi Ahmad Tidak Sia-siakan Nagita Slavina

"Untunge aku bisa mbibit dewe, jadi di rumah makin banyak makin banyak, yowislah yang mau beli silakan," kata wanita yang juga berprofesi sebagai presenter itu penuh rasa syukur.

 


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X