Iwan Fals Pernah Manggung di Jepang, Ceritakan Makanan Khas Indonesia

Kompas.com - 26/11/2020, 21:07 WIB
Penyanyi legendaris Iwan Fals berbicara tentang tentang kondisi bangsa Indonesia dalam konten berjudul Ngalor Ngidulnya Iwan Fals. YouTube Iwan Fals MusicaPenyanyi legendaris Iwan Fals berbicara tentang tentang kondisi bangsa Indonesia dalam konten berjudul Ngalor Ngidulnya Iwan Fals.

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi legendaris Iwan Fals melalui kanal YouTubenya "Ngalor Ngidulnya" menceritakan momen menarik saat ia pernah manggung di Nagoya, Jepang.

Iwan Fals menyebut bahwa saat itu disaksikan ribuan penonton yang didominasi orang Indonesia.

Baca juga: Dengan Ngalor Ngidulnya, Iwan Fals Bicara Kebangsaan

"Kira-kira 22 tahun lalu saya diundang di Nagoya, Jepang, penonton lumayan, ada dua ribu orang tapi kebanyakan orang Indonesia. Saya memainkan melodi ini," kata Iwan Fals sembari memainkan petikan melodi dikutip Kompas.com, Kamis (26/11/2020).

Di atas panggung itu, Iwan Fals menceritakan beragam makanan Indonesia, mulai dari nasi padang hingga gado-gado.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Yakinlah dari Iwan Fals

Iwan Fals tak menyangka rupanya banyak yang tertarik dengan cerita yang ia lontarkan kala itu. Bahkan ada yang menangis.

"Lalu di atas panggung saya cerita tentang nasi padang, sayur asem, tempe, sambel terasi, ikan asin jambal, ketoprak, bakso, gado-gado, makanan khas kitalah. Saya kaget lihat reponsnya mereka histeris bahkan ada yang menangis," ucap Iwan Fals.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Di Bawah Tiang Bendera dari Iwan Fals

"Yang dibelakang panggung ada yang menghampiri, di kangen kampung halaman dan tanah lahir, saya cerita tentang makanan-makanan yang kita punya. Padahal orang itu bertahun-tahun di Jepang, bahkan ada yang jadi warga negara sana," tambah Iwan Fals.

Dari situlah musisi berusia 59 tahun ini menyebut bahwa banyak orang yang begitu cinta dengan Tanah Air dan sulit melupakannya.

Baca juga: Iwan Fals Jajal Jadi YouTuber, Akui Kesulitan dan Berikan Guyonan

"Itulah kecintaan terhadap Tanah lahir, sulit dilupakan," ujar sang pelantun “Bongkar” menambahkan.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X