Dengan "Ngalor Ngidulnya", Iwan Fals Bicara Kebangsaan

Kompas.com - 26/11/2020, 16:55 WIB
Penyanyi legendaris Iwan Fals berbicara tentang tentang kondisi bangsa Indonesia dalam konten berjudul Ngalor Ngidulnya Iwan Fals. YouTube Iwan Fals MusicaPenyanyi legendaris Iwan Fals berbicara tentang tentang kondisi bangsa Indonesia dalam konten berjudul Ngalor Ngidulnya Iwan Fals.
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi legendaris Iwan Fals berbicara tentang keprihatinannya atas kondisi bangsa Indonesia saat ini di video di kanal YouTube, Iwan Fals Musica.

Dia memberi nama konten tersebut, "Ngalor Ngidulnya Iwan Fals".

“Salam penuh cinta untuk kita semua dan semesta, damai hatimu tentu damai dunia, salam oi. Baik di penampilan perdana ini, saya ingin sekali menyanyikan lagu yang membangunkan saya khususnya dan kita semua,” kata Iwan Fals dikutip Kompas.com, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Iwan Fals Jajal Jadi YouTuber, Akui Kesulitan dan Berikan Guyonan

Dalam penampilan perdananya di YouTube, Iwan Fals menyanyikan lagu yang berjudul “Bangunlah Putra Putri Pertiwi”.

Dalam konten perdananya itu musisi berusia 59 tahun tersebut merasa prihatin melihat kondisi bangsa.

“Kenapa? terus terang, saya prihatin melihat kondisi kita sebagai bangsa, karena terkesan terpecah karena gampang marah, mengeluarkan kata-kata kasar," ucap Iwan Fals.

Baca juga: Siap Jadi YouTuber, Iwan Fals: Pelajaran Pertama Lihat ke Kamera

"Saya sendiri senang dengan keras, tapi kalau lihat perkembangan, aduh kok enggak masuk akal dan hati saya, jadi kalau di terus-teruskan bahaya benar,” tambah Iwan Fals.

Selain itu, Iwan Fals juga memberikan motivasi bahwa begitu banyak kekayaan alam dan sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia. Dan menurutnya hal itu jangan sampai dirusak.

“Bayangkan kita punya wilayah 5 juta kilometer persegi, laut 2 juta, daratan 3 juta, pulau 17.500 sekian, suku bangsa. Mungkin 5 tahun lagi penduduk 300 juta jiwa. Ini kan sebagai modal bekerja lebih keras lagi ke depan,” tutur Iwan Fals.

Baca juga: Iwan Fals Bikin Konten YouTube, Siap Jadi YouTuber

“Kita sebagai bangsa religius hampir semua agama ada di sini,” sambung Iwan Fals.

Iwan Fals kemudian menyanyikan lagu yang berjudul “Bangunlah Putra Putri Pertiwi”.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X