Raditya Dika dan Kisah Di Balik Kesuksesannya

Kompas.com - 26/11/2020, 08:21 WIB
Komedian tunggal Raditya Dika ditemui dalam jumpa pers film Single Part 2 di Soraya Intercine Films, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2019). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Komedian tunggal Raditya Dika ditemui dalam jumpa pers film Single Part 2 di Soraya Intercine Films, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Raditya Dika, sosok penulis dan komika yang ternyata memiliki prinsip hidup kuat yang dipegangnya sedari kecil.

Tak hanya didapat dari ajaran orangtua tapi juga berbagai buku yang dibacanya.

Bagaimana rahasia sukses seorang Raditya Dika, berikut rangkuman dari pengakuan pria kelahiran tahun 1984 itu.

Hobi baca sejak kecil

Memiliki orangtua yang sibuk, Raditya Dika akhirnya dibiasakan orangtuanya untuk menghabiskan waktu dengan membaca buku. 

Baca juga: Raditya Dika Ungkap Alasan Sulit Tampil di TV

Bukannya bosan, Raditya Dika kecil justru semakin tenggelam dengan berbagai cerita dalam buku.

Karena hobi bacanya itu juga, ketika kelas 4 Sekolah Dasar, Raditya yang memiliki nama asli Dika Angkasaputra Moerwani Nasution itu memberi nama dirinya sendiri dengan nama Raditya yang berasal dari bahasa Sansekerta.

"Aku pulang sekolah bilang ke mama, ke orangtua, 'ma, kayaknya namaku kalau diganti jadi Raditya aja bagus deh'. Terus mamaku, 'ya sudah boleh'. Sudah habis itu berubah sampai sekarang," ujar Raditya.

Terbiasa gunakan data

Ketika menulis, menciptakan suatu karakter, atau apapun yang dilakukan itu, Raditya selalu menggunakan data-data. 

Baca juga: Raditya Dika Ungkap Kebiasaannya hingga Selalu Sukses di Berbagai Bidang

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X