Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raditya Dika Ungkap Kebiasaannya hingga Selalu Sukses di Berbagai Bidang

Kompas.com - 25/11/2020, 19:50 WIB
Rintan Puspita Sari,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi penulis, komedian, aktor, sutradara bahkan YouTuber, Raditya Dika bisa dibilang sukses dalam segala hal yang dilakukan.

Jauh sebelum ada nama Atta Halilintar, Raditya sudah lebih dulu mencatatkan namanya sebagai YouTuber dengan subscriber terbesar.

Soal buku, jangan ditanya lagi betapa sukses karya-karya tulis pria kelahiran 28 Desember 1984 itu. Demikian halnya dengan film dan juga sebagai komika.

Baca juga: Belajar Komedi dari Lupus, Raditya Dika: Mending Gue Aja yang Ditertawakan

Membagikan kebiasaanya yang buat dia sukses, Raditya menyebut tampil beda adalah kuncinya.

"Aku selalu mencari sesuatu yang orang belum lakuin sih," ujarnya dikutip dari YouTube Helmy Yahya Bicara, Rabu (24/11/2020).

"Jadi ketika aku membuat sesuatu aku nanya ke diri sendiri 'ini bedanya apa, apa bedanya dari yang lain?'" sambungnya.

Baca juga: Raditya Dika Sebut Tak Jadi Komedian Jika Bukan karena Lupus

Tidak hanya berbeda, tapi Raditya menggaris bawahi pentingnya hal yang dilakukan itu juga terlihat bagus.

Bagus dari kacamata seorang Raditya Dika berarti jika karya tersebut sudah bisa membuatnya puas dan membuatnya menjadi penggemar pertama dari karyanya.

Karena dengan menjadi penggemar pertama karyanya, setidaknya akan ada satu orang di luar sana yang memiliki pandangan sama seperti dia.

Baca juga: Lama Memutuskan Menikah, Ternyata Ini yang Dikhawatirkan Raditya Dika

"Menurut aku yang pertama banget, memuaskan diri kita sendiri dulu. Patokan aku itu sebenarnya, paling enggak, aku punya satu fans dari karyaku, yaitu diriku sendiri," kata Raditya Dika.

Oleh sebab itu, ketika membuat suatu karya, Raditya selalu berusaha mencurahkan hati dan pikirannya, membuat tabulasi bagi setiap karakter, dan berangkat dari data-data.

Tidak hanya di bidang kreatif, sejak kecil Raditya selalu diajarkan untuk menjadi yang terbaik di bidang apa pun dia jalani.

Baca juga: Raditya Dika Heran Ingat Masa Kecilnya Naksir Cewek Saat Kelas 4 SD

"'Kamu bebas jadi apa aja, asal jadi yang terbaik, kamu mau jadi tukang nasi goreng, jadi yang paling enak, karena duit akan datang dengan sendirinya,' kata papaku," tutur Raditya Dika.

Tanpa disadari, ketika melakukan sesuatu dengan sebaik mungkin dan tidak berorientasi pada uangnya, di situlah Raditya justru mendapatkan uang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com