Kompas.com - 19/11/2020, 21:25 WIB
Artis peran Dion Wiyoko didapuk mengisi suara karakter Honghui di film Mulan dalam Bahasa Indonesia. Disney+ HotstarArtis peran Dion Wiyoko didapuk mengisi suara karakter Honghui di film Mulan dalam Bahasa Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Dion Wiyoko mendapat pengalaman baru ketika didapuk sebagai dubber film Mulan.

Dion Wiyoko menjadi pengisi suara karakter Honghui.

Ini menjadi pengalaman baru yang dirasakan Dion Wiyoko ketika menjadi dubber. Bahkan, ia mendapatkan pelajaran bagaimana teknik dubbing yang benar.

"Nah makanya waktu dubbing jadi belajar banyak, bahwa memang mengisi suara harus pakai suara perut. Aktor memang ada olah vokal," kata Dion melalui jumpa pers via Zoom, Kamis (19/11/2020).

Baca juga: Jadi Pengisi Suara Film Mulan, Dion Wiyoko Alami Serak

Meski begitu, pada awalnya aktor berusia 36 tahun ini sempat mengalami serak. Akan tetapi suami Fiona Anthony ini berhasil menyelesaikan dubbing.

"Yang memorable setelah mengisi suara, suara saya langsung serak," ujar Dion.

Menjadi seorang dubber bukan hal yang mudah bagi Dion. Adapula kesulitan Dion saat melafalkan bahasa Indonesia ketika aktor dalam film berbicara.

"Dan memang ya, apa yang aku pikirikan ya sudah jadi, tone-nya seperti apa, karakter seperti apa. Masalah suku kata itu di Indonesia kan durasinya itu, tapi lancar," tutur pemain film Serigala Terakhir.

Baca juga: Sinopsis Twisted, Serial Horor Vision+, Dibintangi Dion Wiyoko dan Pamela Bowie

Selain Dion Wiyoko yang menjadi pengisi suara, ada pula nama Luna Maya yang menjadi pengisi suara Xian Lang dan Yuki Kato Maya sebagai pengisi suara Mulan.

Film Mulan akan tayang di Disney + Hotstar pada 4 Desember mendatang.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X