Kompas.com - 19/11/2020, 11:39 WIB
Penyanyi Iis Sugianto menceritakan pengalaman saat terinfeksi virus Covid-19. YouTube Iis Sugianto NewPenyanyi Iis Sugianto menceritakan pengalaman saat terinfeksi virus Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Iis Sugianto menceritakan perjalanan kariernya dalam video terbaru di kanal YouTube Rano Karno.

Dalam kisahnya itu, Iis Sugianto menjelaskan alasan ia mengganti nama panggung hingga bisa terkenal luas pada era 1980-an.

Berkat album Jangan Sakiti Hatinya, Iis Sugianto bahkan bisa mengikuti sebuah festival bernyanyi di Filipina bersama Rhoma Irama.

Berikut rangkuman cerita Iis Sugianto di dunia tarik suara Indonesia:

Baca juga: Cerita Iis Sugianto Berkolaborasi dengan Chrisye, Ada Sosok Rinto Harahap

1. Awal pergantian nama panggung

Iis Sugianto terlahir dengan nama asli Kuspuji Istiningdyah.

Ketika akan diorbitkan sebagai penyanyi, produser memintanya mencari nama panggung yang lebih pendek.

Iis Sugianto juga terpaksa harus mengganti nama panggungnya karena nama tersebut masih berkaitan dengan keluarga Keraton Cirebon.

"Terus Kuspuji itu nama keraton, jadi mami kan keturunan Kanoman (Cirebon). Dari semua keluarga aku, dari yang laki-laki sampai perempuan pakai Kuspuji," kata Iis.

Baca juga: Paling Berkesan, Album Jangan Sakiti Hatinya Antarkan Iis Sugianto ke Filipina

Nama Iis akhirnya dipilih karena merupakan sapaan di rumah.

Sugianto sendiri rupanya diambil dari nama sang ayah yang merupakan pendiri Pasar Blok A Jakarta Selatan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X