Kompas.com - 13/11/2020, 09:32 WIB
Artis peran Nicholas Saputra, pemeran karakter Bono dalam film Aruna dan Lidahnya, berpose usai wawancara di Redaksi Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta, Kamis (6/9/2018). Aruna dan Lidahnya merupakan film adaptasi lepas dari novel karangan Laksmi Pamuntjak berjudul sama yang disutradarai oleh Edwin. MAULANA MAHARDHIKAArtis peran Nicholas Saputra, pemeran karakter Bono dalam film Aruna dan Lidahnya, berpose usai wawancara di Redaksi Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta, Kamis (6/9/2018). Aruna dan Lidahnya merupakan film adaptasi lepas dari novel karangan Laksmi Pamuntjak berjudul sama yang disutradarai oleh Edwin.
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Berhasil di akting berhasil pula sebagai murid sekolah, sepertinya ungkapan ini pas untuk disematkan pada aktor Nicholas Saputra.

Di saat meniti karier semasa remaja Nicholas masih bisa menamatkan pendidikannya dari SMAN 8 dan masuk jurusan Arsitektur di Universitas Indonesia.

Setelah kini menjadi duta belajar Ruang Guru, Nicholas berbagi pengalamannya dalam belajar dulu.

Baca juga: Hobi Berkebun Nicholas Saputra, Berkat Sang Kakek Jadi Cintai Alam

Refreshing juga perlu

Nicholas Saputra mengakui pernah merasa jenuh saat masih bersekolah. Menurut dia siapapun bisa mengalami itu.

"Tapi satu hal yang saya alami dan pelajari, refreshing itu juga perlu kok. Refreshing itu kita butuhkan untuk memberikan jeda, memberikan diri kita sendiri waktu untuk menerima ilmu yang lebih banyak lagi," tutur Nicholas Saputra dalam konferensi pers virtual Ruang Guru, Kamis (12/11/2020).

Baca juga: Cara Nicholas Saputra Atasi Stres Belajar Saat Sekolah Dulu

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau memang jenuh dan menemukan hambatan, tidak apa-apa untuk relax, rekreasi sesekali," ujar pemain film Aruna dan Lidahnya ini melanjutkan.

Atasi stres ujian, cari teman yang semangatnya sama

Bagi aktor kelahiran 1984 ini, ujian krusial seperti Ebtanas atau UNMPTN memang menjadi beban tersendiri.

"Waktu itu saya enggak tahu bagaimana cara menghadapinya, tapi bekerja sama dengan teman-teman yang memiliki semangat yang sama, itu sangat membantu," kata Nicholas Saputra.

Baca juga: Berbagi Pengalaman Belajar, Nicholas Saputra: Refreshing Juga Perlu agar...

Bersama teman-temannya Nicholas mempersiapkan ujian dengan belajar bersama, bertukar pikiran, dan saling bertanya.

"Jadi kolaborasi itu bisa menjadi cara untuk paling tidak kita tahu kita tidak sendiri," lanjut Nicholas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X