Kompas.com - 12/11/2020, 16:32 WIB
Nicholas Saputra selaku produser film Semesta saat Media visit film Semesta di Kantor Redaski Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta, Selasa(28/1/2020). KOMPAS.com/DIENDRA THIFAL RAHMAHNicholas Saputra selaku produser film Semesta saat Media visit film Semesta di Kantor Redaski Kompas.com, Menara Kompas, Jakarta, Selasa(28/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya berbakat dalam akting, cara aktor Nicholas Saputra mengenyam pendidikan juga patut diperhitungkan.

Alumnus SMAN 8 Jakarta ini bercerita, dulu pada masa sekolah ia tentunya pernah mengalami stres ketika belajar.

Namun, menurut Nicholas, sistem pendidikan dulu dan sekarang berbeda.

Baca juga: Miles Film Perkenalkan Film Terbaru Berjudul PARANOIA, Dibintangi Nirina Zubir hingga Nicholas Saputra

Nicholas mengakui ujian krusial seperti EBTANAS atau UNMPTN memiliki tekanan tinggi.

Beruntung, aktor film AADC? ini punya teman-teman yang sejalan.

"Waktu itu saya enggak tahu bagaimana cara menghadapinya, tapi bekerja sama dengan teman-teman yang memiliki semangat yang sama, itu sangat membantu," kata Nicholas Saputra dalam konferensi pers virtual Ruang Guru, Kamis (12/11/2020).

Baca juga: Hobi Berkebun Nicholas Saputra, Berkat Sang Kakek Jadi Cintai Alam

Ia dan teman-temannya saling menyemangati untuk menghadapi ujian.

"Saya ingat ada sekelompok teman yang kami dekat dan juga ingin sekali bisa kuliah di PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Kami kumpul sebelum ujian, saling tukar pikiran, saling tanya, belajar satu sama lain," tuturnya.

Baca juga: Kesal dengan Tingkah Kembaran Raffi Ahmad, Merry Sindir Dimas, Katanya...

"Jadi kolaborasi itu bisa menjadi cara untuk paling tidak kita tahu kita tidak sendiri," lanjut Nicholas.

Usai lulus SMA, aktor berdarah Jerman dan Jawa ini masuk ke Universitas Indonesia jurusan Arsitektur dan lulus pada 2006.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X