Bicara Promosi Film, Ernest Prakasa Beberkan 5 Hal Unik Lewat Film

Kompas.com - 12/11/2020, 13:37 WIB
Ernest Prakasa di Menara Kompas Dok. Kompas.com Ernest Prakasa di Menara Kompas

JAKARTA, KOMPAS.com – Debut sineas dan komika Ernest Prakasa di dunia perfilman memang patut diacungi jempol.

Sejumlah penghargaan bergengsi film Tanah Air pun telah Ernest raih.

Suami Meira Anastasia ini pun membagikan strategi promosi film di kesempatan webinar Workshop 4, Cerita Sinema Workshop Samsung Galaxy Movie Studio dan FFI.

Ernest menyebut ada lima hal unik dalam film yang bisa dipilih sebagai bahan promosi yang paling efektif.

Baca juga: 4 Tanggapan Ernest Prakasa soal Pembukaan Lagi Bioskop Saat PSBB Jilid 2

“5 hal itu pertama dari segi naskah, itu sebenarnya adaptasi apa gimana. Value-nya akan jadi bagus banget. Kedua, cerita. Perjuangan seorang difabel yang mau jadi Caleg ‘kan itu bagus banget,” ucap Ernest dikutip Kompas.com lewat Webinar, Kamis (12/11/2020).

Hal berikut yang tidak kalah penting menurut Ernest adalah karakter. Pemain film Koala Kumal ini menekankan siapa yang menjadi pemeran itu bisa jadi nilai jual tersendiri bagi film.

Lokasi syuting film pun bisa jadi lahan promosi yang menjanjikan.

Pasalnya, menurut sutradara film Susah Sinyal ini, orang akan tertarik melihat kesulitan yang dihadapi para kru film ketika syuting. Hal tersebut akan mengundang perhatian publik.

Baca juga: Ernest Prakasa: Kita Percaya Banget Sama Kekuatan Bioskop

“Misalnya kayak Susah Sinyal kan syuting di Sumba yang jauh dari kota dan logistik apa-apa masih susah. Kebayang ‘kan tuh sulitnya kayak apa,” ungkap Ernest.

Hal terakhir yang diungkap ayah Snow dan Sky ini adalah genre.

Dia pun menyebut bahwa kesuksesan salah satu filmnya, Ghost Writer, itu karena genre yang Ernest pilih.

“Ghost Writer itu ‘kan sukses berkat genre horror-komedi. Dan di Indonesia, mungkin sangat jarang atau bahkan belum ada genre seperti itu. Jadi itu ngejual banget,” tutur Ernest.

Baca juga: Bioskop Dibuka 25 Persen, Ernest Prakasa: Gue Rasa PH Bakal Tahan Perilisan Film

Ernest Prakasa diketahui telah memenangkan beberapa penghargaan, antara lain Penulis Skenario Terbaik di Indonesia Box Office Movie Award 2017 lewat filmnya, Cek Toko Sebelah dan tahun berikutnya lewat film Susah Sinyal.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X