Gibran Rakabuming: Namanya Pengusaha Pasti Sering Alami Kegagalan

Kompas.com - 11/11/2020, 18:44 WIB
Gibran Rakabuming membagikan tips untuk memulai bisnis food and beverage seperti yang selama ini dijalaninya. YouTube Arnold PoernomoGibran Rakabuming membagikan tips untuk memulai bisnis food and beverage seperti yang selama ini dijalaninya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum maju sebagai Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming lebih dikenal sebagai seorang pengusaha.

Selama menjalani peran sebagai pebisnis, putra sulung Presiden RI Joko Widodo ini juga pernah mengalami berbagai kegagalan.

Gibran Rakabuming bahkan sempat mengalami tertipu rekan bisnis, ditolak saat meminjam uang di bank, dan banyak lainnya.

"Kita yang namanya pengusaha pasti seringlah mengalami kegagalan, ditipu orang, atau pegawai resign, bikin brand sendiri, utang bank enggak bisa ngangsur bunga, itu hal yang biasa," kata Gibran seperti dikutip Kompas.com dari video YouTube Arnold Poernomo, Rabu (11/11/2020).

Baca juga: Gibran Rakabuming Bagikan Tips Memulai Bisnis Makanan

Namun, berbagai rintangan dan kesulitan tersebut kini sudah dilewati oleh Gibran Rakabuming.

Gibran telah menyerahkan kerajaan bisnisnya kepada sang adik, Kaesang Pangarep, karena ingin fokus di bidang politik.

"Tapi saat ini semuanya sudah settle, saya sekarang sudah memutuskan untuk lebih fokus ke pengabdian ke masyarakat," ucap Gibran.

Kegagalan demi kegagalan di dunia bisnis dianggap oleh Gibran Rakabuming sebagai sebuah hal yang biasa.

Gibran Rakabuming mengambil pengalaman kegagalan tersebut sebagai pelajaran hidup.

"Itu hal yang biasa, ada naik turunnya lah bisnis. Namanya kehidupan, ya seperti itu bukan cuma di dunia bisnis saja, tapi di semua aspek kehidupan," kata Gibran.

Baca juga: Gibran Rakabuming: Untuk Bangun Negara, Saya Mulai dari Solo Dulu


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X