Andika Mahesa Bicara soal Perpecahan Kangen Band

Kompas.com - 07/11/2020, 13:24 WIB
Andika Mahesa di Gedung Trans, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (22/5/2019). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanAndika Mahesa di Gedung Trans, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (22/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com- Nama Andika Mahesa sempat melambung lewat grup musik Kangen Band.

Dalam acara talkshow Okay Bos Trans 7, Andika Mahesa berbicara banyak mengenai awal mula perpecahan Kangen Band hingga keinginannya untuk berkumpul lagi.

Di lain hal, pria yang akrab disapa Babang Tamvan ini juga bercerita pernah bosan menjadi seorang artis.

Awal mula perpecahan Kangen Band

Andika Mahesa mulai tidak kerasan dan memutuskan hengkang dari Kangen Band pada 2012 silam. Perpecahan Kangen Band pun simulai saat Andika dan Dodhy, sang gitaris bertengkar.

Andika berujar bahwa saat itu Dodhy mulai enggan manggung dengan Kangen Band karena bayaran.

"Ketika udah punya apa-apa Dodhy kok enak banget ya nyuruh manggung, tapi dianya enggak mau manggung. 'Gue bikin lagu udah jelas Rp 50 juta, ngapain manggung? Dapat duit sekian dibagi-bagi sekian-sekian?'" kata Andika seperti dikutip Kompas.com, Jumat (6/11/2020).

Tak hanya itu, Dodhy juga di saat itu mulai sibuk dengan proyek sampingannya.

"Dia bikin banyak proyekan tuh The Winner, The Potter, gue masih sabar tuh ngejalanin Kangen Band tanpa dia, tiga tahun gue jalanin terus," tutur Andika.

Puncak kekesalan Andika

Andika mengungkapkan, puncak kekesalannya meluap saat gitaris pengganti Dodhy juga ikut membuat proyek di luar Kangen Band.

Hingga akhirnya Andika memutuskan hengkang dari band yang telah membesarkan namanya itu.

"Akhirnya si gitaris gue satunya yang gantiin Dodhy bikin band juga, Tuan Muda kalau enggak salah, gue kesel akhirnya gue memutuskan keluar juga. Bubar itu Kangen Band," ucap Andika.

Yakinlah Aku Menjemputmu - Kangen BandTangkapan Layar YouTube Kangen Band Yakinlah Aku Menjemputmu - Kangen Band

Harapan jika Kangen Band berkumpul lagi

Andika Mahesa punya harapan yang tak muluk-muluk jika Kangen Band kembali dipersatukan lagi.

Andika berujar seharusnya Kangen Band nantinya bisa saling membantu satu sama lain.

"Kalau kami emang ditakdirkan untuk nyatu lagi di Kangen Band, gue sih penginnya kami cari uangnya benar-benar Istiqomah gitu, lho," kata Andika.

"Sekarang kan kami nyari uangnya buat anak sama keluarga, jangan mikirin teman-teman baru. Dhody tuh sering ngumpulin teman-teman baru karena teman baru itu belum tentu baik buat dia, tapi teman lama rela berkorban untuk apa pun susahnya dia," kata Andika.

Doa Dodhy untuk Andika Mahesa

Dalam kesempatan itu, Dodhy turut 'hadir' lewat sambungan telepon. Dodhy pun akhirnya berbincang dengan Andika meski hubungan keduanya sempat renggang.

Dan yang menarik, Dodhy juga mempunyai niat yang sama untuk kembali membentuk Kangen Band lagi.

"Mudah-mudahan tahun ini bisa ngebentuk band bareng lagi, ngeluarin singel lagi, sukses kayak dulu lagi, dan makin solid aja. Dan mudah-mudahan Andika juga makin dewasa ya," kata Dodhy.

Pernah bosan jadi artis

Selain membicarakan mengenai Kangen Band, Andika Mahesa mengaku pernah jenuh menjadi seorang artis.

Andika pun memutuskan pulang ke kampung halamannya dan menjadi seorang petani di kampung. Keputusannya itu terjadi pada periode 2012 hingga 2014.

"Emang gue ketemu titik jenuh di mana ngeband enggak mau, syuting enggak mau, ketemu kamera lagi enggak mau, sudahlah," ungkap Andika.

Andika saat itu pulang dan langsung membeli sebidang tanah untuk ditanami singkong dan padi.

"Begitu gue berhenti, gue punya uang kan tuh, gue beli tanah buat nanam singkong sama padi. Panennya empat bulan atau tiga bulan setengah kan," katanya.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X