BLACKPINK Dikecam Usai Unggah Video Bermain dengan Panda

Kompas.com - 06/11/2020, 12:53 WIB
Para member BLACKPINK (dari kiri), Lisa, Jisoo, Jennie, dan Rose, menghadiri konferensi pers The Album di Seoul, Korea Selatan, baru-baru ini. KoreabooPara member BLACKPINK (dari kiri), Lisa, Jisoo, Jennie, dan Rose, menghadiri konferensi pers The Album di Seoul, Korea Selatan, baru-baru ini.

KOMPAS.com - Rabu (4/11/2020) lalu, kanal YouTube girl group BLACKPINK mengunggah preview untuk episode terakhir konten diari mereka yang berjudul 24/365.

Dalam video tersebut terlihat empat member BLACKPINK bermain ke kebun binatang Everland di Korea Selatan untuk bermain bersama anak panda.

Selain membuat makanan untuk induk panda, BLACKPINK juga menggendong seekor anak panda berusia tiga bulan bernama Fubao.

Baca juga: BLACKPINK Jadi Girl Group Korea Pertama Catat Penjualan 1 Juta Unit untuk The Album

Mengutip dari Koreaboo, video ini trending di China dengan respons kurang mengenakkan.

Warganet dan pejabat China berpendapat, kehadiran BLACKPINK itu membahayakan anak hewan asli Negeri Tirai Bambu itu dan melanggar peraturan ketat.

Sekarang administrasi kehutanan pemerintah China ikut menyoroti video ini.

Baca juga: Gara-gara Pipi, Jisoo BLACKPINK Punya Ritual Makan Ramen Sebelum Syuting

Fubao lahir di Korea Selatan tahun ini. Meski begitu, hampir semua panda di dunia sebenarnya dimiliki oleh pemerintah China.

Kebun binatang di seluruh dunia hanya menyewa panda-panda yang mereka urus.

Biaya pinjaman panda mencapai 1 juta dolar AS (Rp 14,3 miliar) per tahun dengan kontrak 10 tahun "diplomasi panda" dan kebun binatang asing harus membayar pajak tambahan 400 ribu dolar AS (Rp 5,7 miliar) untuk setiap bayi yang lahir dalam perawatan mereka.

Baca juga: Sebut Gong Yoo sebagai Tipe Pria Idamannya, Lisa BLACKPINK Ingin Foto Bareng

Dengan begitu, kebun binatang diharapkan mengikuti peraturan yang tegas agar para panda terhindar dari penyakit, termasuk ketika berinteraksi dengan makhluk lainnya.

Halaman:

Sumber Koreaboo
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X