Risa Saraswati Sudah Kantongi Izin Komersilkan Pengalaman Mistis

Kompas.com - 30/10/2020, 16:30 WIB
Penyanyi dan penulis Risa Saraswati (kanan) berbincang dengan Soleh Solihun di kanal YouTube 3SecondTV YouTube 3SecondTVPenyanyi dan penulis Risa Saraswati (kanan) berbincang dengan Soleh Solihun di kanal YouTube 3SecondTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat kisah mistis yang dialaminya ke dalam bentuk buku juga lirik lagu, penyanyi dan juga penulis buku Risa Saraswati tak merasa melakukan eksploitasi.

Risa tak memungkiri pada awalnya dia merasa takut mengkomersilkan kisah yang dialaminya.

"Awalnya itu (dianggap eksploitasi) yang paling ditakutkan, ketika mereka tiba-tiba marah atau gimana," kata Risa, dikutip dari podcast 3Second TV, Jumat (30/10/2020).

Baca juga: Bakat Menulis Risa Saraswati Sudah Tercium dari Thread Twitter

Sampai akhirnya Risa berkonsultasi dengan keluarga, termasuk kakek yang menurunkan kemampuannya melihat makhluk dunia lain.

"Saya minta izin juga sama mereka, mereka mengizinkan dan sebenarnya tujuan utamanya memanusiakan mereka (makhluk dunia lain)," kata perempuan yang bekerja sebagai PNS itu.

"Bukan untuk mengangkat derajat mereka atau gimana, tapi saya sih berusaha supaya orang enggak takut lagi sama hantu," jelasnya.

Baca juga: Dulu Jadi Vokalis Homogenic, Kini Risa Saraswati Sesak Saat Menyanyi

Menurut Risa, teman-temannya di dunia lain tahu dia menghasilkan banyak uang dari kisah mereka.

Uniknya, teman-teman dunia lain Risa yang tahu kalau dia menghasilkan uang dari kisah tersebut, tidak keberatan ceritanya diangkat.

Mereka hanya pernah meminta satu hal pada Risa, yaitu mengantarkan mereka ke Belanda, negara asal mereka.

Baca juga: Selamat! Risa Saraswati Melahirkan Anak Pertama


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X