Lika-liku Perjalanan Karier Soleh Solihun di Majalah Playboy

Kompas.com - 30/10/2020, 10:53 WIB
Artis peran Soleh Solihun berpose usai wawancara di kantor redaksi Kompas.com, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (4/4/2018). Film Reuni Z akan tayang di bioskop mulai 12 April mendatang. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGArtis peran Soleh Solihun berpose usai wawancara di kantor redaksi Kompas.com, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (4/4/2018). Film Reuni Z akan tayang di bioskop mulai 12 April mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika Soleh Solihun sempat merasakan bekerja sebagai wartawan di majalah Playboy.

Kehadiran Playboy pada saat itu mendapat sorotan lantaran kerap dianggap sebagai majalah porno.

Di tengah pertanyaan apakah majalah Playboy sebuah produk jurnalistik atau bukan, Soleh Solihun berhasil memberikan bukti sahih.

Ia mendapat penghargaan Adiwarta pada tahun 2006 saat masih berseragam Playboy.

1. Arti Adiwarta

Adiwarta sangat berarti bagi Soleh Solihun untuk membungkam kritikan orang-orang yang menyangsikan eksistensi Playboy. 

Baca juga: Kerja di Majalah Playboy, Soleh Solihun: Nyokap Gue Ikut Demo Menentang

Penghargaan tersebut bahkan mampu menjadi bukti bahwa Playboy adalah sebuah media massa yang sudah mengantongi izin dari Dewan Pers Indonesia.

"Ketika gue menang penghargaan, gue bisa bilang kepada orang-orang yang menyangsikan bahwa Playboy bukan produk jurnalistik (bahwa) ini tulisan wartawan Playboy," kata Soleh dalam acara Beginu Kompas TV.

Apalagi, saat itu salah satu dewan jurinya adalah Effendi Gazali yang termasuk menentang kehadiran Playboy di Indonesia.

2. Izin orangtua bekerja di Playboy

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X