Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serial Legendaris "Losmen" Diangkat ke Layar Lebar

Kompas.com - 27/10/2020, 22:07 WIB
Revi C. Rantung,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Serial legendaris Losmen yang tayang di TVRI pada 1980-an akan diadaptasi ke film layar lebar dengan judul Losmen Bu Broto.

Rumah produksi Paragon Pictures dan Ideosource Entertainment menunjuk Ifa Isfansyah dan Eddie Cahyono untuk berduet menyutradarai film tersebut.

Baca juga: Pesan Mathias Muchus untuk Artis Muda, Harus Pikir Panjang demi Karier ke Depan

Losmen Bu Broto merupakan reboot dari serial legendaris Losmen yang dulunya dibintangi oleh para aktor dan aktris terkenal, yakni Mieke Wijaya, Mang Udel, Sutopo HS, Mathias Muchus, Ida Leman, Eeng Saptahadi, dan Dewi Yull.

Serial tersebut diciptakan oleh Tatiek Maliyati dan Wahyu Sihombing. Serial ini sempat berjaya dengan 31 episode dan juga menjadi cikal bakal sinetron drama di Indonesia.

Andi Boediman selaku Produser Eksekutif Ideosource Entertainment mengatakan bahwa serial Losmen sejatinya sangat menarik untuk diangkat ke layar lebar karena ceritanya.

Baca juga: Cerita Mathias Muchus Ditodong Kelewang Saat Syuting Film

Kehadiran film ini diharapkan dapat membangkitkan nostalgia.

Hal yang menjadi nilai tambah dari film ini adalah untuk menunjukkan kekuatan wanita. Setidaknya film ini didedikasikan untuk para wanita Indonesia.

"Saya punya keyakinan Losmen ini menarik. Jadi menurut saya kok kita melupakan kualitas tontotan semacam itu. Makanya, saya sangat ingin mengangkat cerita yang relevan ini," kata Andi dalam jumpa pers virtual Losmen Bu Broto via Zoom, Selasa (27/10/2020).

Baca juga: Caitlin Halderman Minta Nasihat Meriam Bellina hingga Mathias Muchus

"Jadi sebenarnya film Losmen yang kita tampilkan, peran wanita yang kuat dan kehidupan yang mewakili Indonesia. Ini adalah film untuk wanita Indonesia," tambahnya.

Penggarapan film ini tentunya sudah mendapat restu dari pihak keluarga Tatiek Maliyati.

Danton Sihombing, anak pasangan Tatiek dan Wahyu Sihombing, menyambut baik dengan diadaptasinya serial tersebut ke layar lebar.

Baca juga: Mathias Muchus Sebut Nien Lesmana Meninggal Dunia tanpa Riwayat Sakit

"Pertama, Andi menyampaikan hal penting bahwa yang membuat dia tertarik karena begitu kental misi moral, Losmen (dari tahun) 1984-1987 sampai 31 episode. Nah, yang kedua adalah saya percaya kemampuan integritas Andi dalam berbisnis. Dua modal ini saya bawa ke ibu saya, ya disambut baik, alhamdulilah itu saya bersukacita," ucap Danton.

Sementara itu, Ifa Isfansyah memastikan bahwa Losmen Bu Broto akan dikemas secara modern. Akan tetapi, tidak akan meninggalkan nyawa dari serial terdahulunya.

"Saya sih sangat amaze nonton lagi, akhirnya kita rerun, ternyata saat itu, tonton ini masih sangat kontekstual di zaman sekarang. Apa sih progresif sekarang gimana, karakternya gimana, kita adaptasi dan develop," tutur Ifa.

Baca juga: Ira Maya Sopha: Mathias Muchus Itu Kaku Banget

"Walaupun kemasan bisa kita ganti, kita harus meng-create ini cerita yang sudah bernyawa. Jadi tentu saja ada penyesuaian untuk related. Harapannya penonton sangat bisa menemukan value-value," sambung Ifa.

Sebagai bocoran, film Losmen Bu Broto rencananya memulai proses syuting pada akhir tahun ini. Film ini akan dibintangi oleh Mathias Muchus yang berperan sebagai Pak Broto.

Sebelumnya, Mathias Muchus pernah bermain dalam serial itu dengan peran sebagai Tarjo.

Untuk lawan main Mathias Muchus ada nama Maudy Koesnadi yang berperan sebagai Bu Broto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com