Dian Sastro Percaya Generasi Z Bisa Memajukan Indonesia di Mata Dunia

Kompas.com - 26/10/2020, 18:30 WIB
Dian Sastro REPRO BIDIK LAYAR VIA @therealdisastrDian Sastro

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Dian Sastrowardoyo mendapat pertanyaan menarik saat berbincang dengan mantan menteri keuangan era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, Gita Wirjawan.

Gita Wirjawan menanyakan bagaimana pandangan Dian Sastro terhadap bangsa Indonesia di masa depan atau tepatnya pada 2045.

Baca juga: Dian Sastro: Unyil Itu Dulu Indonesian Dream

Bintang film Ada Apa dengan Cinta? ini lalu memiliki pandangan kuat terhadap Gen-Z atau generasi Z yang bisa memajukan Indonesia di mata dunia.

"Aku tuh punya lumayan big hope melihat mereka (Gen-Z) karena ternyata ada beberapa hal menarik yang aku temukan tentang mereka yang agak berbeda dengan generasi saya," jawab Dian Sastrowardoyo.

Generasi Z disebut Dian secara sosial lebih peduli terhadap lingkungan dibandingkan dengan generasinya.

Baca juga: Dian Sastro Tak Menyangka Film Guru-Guru Gokil Bisa Go International

Sebagai contoh, anak-anak dari Generasi Z atau yang berusia 10 hingga 15 tahun di bawahnya, sudah mulai mengurangi sesuatu yang akan berdampak pada lingkungan.

"Angkatan saya yang keren-kerenan tuh jalan-jalan di mal pakai tas Hermes, Pak. Itu prestasi kalau buat angkatan saya," kata Dian.

"Jadi, secara enggak sadar, they try to have enough money to buy the most expensive freaking handbag and jalan-jalan di Plaza Indonesia. Angkatan mereka udah enggak peduli lagi," lanjutnya.

Baca juga: Gara-gara Bintang Jatuh, Dian Sastro Tercebur Jadi Aktris

Tak hanya itu saja, Generasi Z juga sudah semakin fasih dan percaya diri dengan berbahasa Inggris.

Hal itu menurut Dian Sastro menjadi nilai tambahan karena akan sangat berfungsi di masa mendatang.

"I think they are pretty good hope sih buat Indonesia tahun 2045. Kalau saya punya imajinasi Indonesia di tahun itu adalah bangsa yang lumayan nyaman menempatkan dirinya di konstelasi negara-negara lain secara internasional," ucap Dian.

Baca juga: Suka Musik Sejak Kecil, Dian Sastro Kagumi The Smashing Pumpkins hingga Dream Theater

Permasalahan Indonesia saat ini justru adalah bagaimana catatan baik dari Generasi Z ini tidak rusak dan terpapar oleh generasi sebelumnya.

Jika hal itu bisa tetap berjalan dengan baik, Dian Sastro berharap agar Generasi Z bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X