Bukan di Indonesia, Ternyata Lagu Kopi Dangdut Dirilis Pertama Kali di Negara Ini

Kompas.com - 26/10/2020, 08:09 WIB
Fahmi Shahab dalam acara Dunia Manji Show. (Bidikan layar YouTube Dunia Manji). KOMPAS.com/Revu C Rantung Fahmi Shahab dalam acara Dunia Manji Show. (Bidikan layar YouTube Dunia Manji).

JAKARTA, KOMPAS.com- Pencipta lagu dan penyanyi Fahmi Shahab mengungkap fakta menarik mengenai perilisan pertama kali lagu Kopi Dangdut yang begitu populer.

Fahmi berujar lagu Kopi Dangdut pertama kali dirilis bukan di Indonesia melainkan di negara Jepang pada 1991 silam.

Kemudian, sesuai dengan komitmen dan kerja sama, barulah lagu ciptaan Fahmi itu diedarkan di Indonesia.

Baca juga: Fahmi Shahab Ceritakan Sejarah Lagu Kopi Dangdut, Ternyata Berasal dari Venezuela

"Pertama kali (rilis) di Jepang dulu tahun 1991. Nah di sini diedarkan ada komitmen juga, lagu 'Kopi Dangdut' untuk Indonesia, punya Fahmi Shahab," kata Fahmi Shahab dikutip Kompas.com dalam YouTube Dunia Manji, Minggu (25/10/2020).

Meski demikian, Fahmi tidak menampik bahwa lagu Kopi Dangdut merupakan lagu plagiat dari "Moliendo Cafe" asal Venezuela. Yang mana Kopi Dangdut mengambil lisensi dari lagu itu.

Secara hukum, lagu itu tidak dipermasalahkan karena sudah melalui berbagai proses.

Baca juga: Fahmi Shahab Jadi DJ Selama 20 Tahun Sebelum Ciptakan Lagu Kopi Dangdut

"Iya pada tahun itu diumumkan lagu itu begini, Moliendo Cafe punya. Iya banyak orang enggak tahu, jadi begini lho, ada sejarahnya. Benar (plagiat) tapi ada prosesnya, secara hukum sah," ungkap Fahmi.

"Jadi katakanlah bahasa Indonesia, Moliendo Cafe, tapi saya yang bikin liriknya," tambah Fahmi.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X