Raisa Sebut Tidak Mudah bagi Perempuan yang Berkarier di Industri Musik

Kompas.com - 21/10/2020, 20:44 WIB
Penyanyi Raisa Andriana saat berbincang dengan Vidi Aldiano dalam vlog. YouTube Vidi AldianoPenyanyi Raisa Andriana saat berbincang dengan Vidi Aldiano dalam vlog.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Raisa mengatakan, menjadi perempuan yang berkarier di industri musik nyatanya bukan sebuah pekerjaan yang mudah.

Terlalu banyak hal-hal yang harus dikompromikan saat seorang perempuan memilih jalur karier sebagai musisi.

Baca juga: Raisa Merasa Tidak Nyaman Dibanding-bandingkan dengan Solois Lain

Raisa menyebutkan salah satu contohnya adalah soal penampilan.

Perempuan, khususnya penyanyi di industri musik Indonesia, kerap dituntut untuk berpenampilan seperti apa yang diminta, bukan apa yang mereka inginkan.

"Terutama di awal-awal karier ketika aku masih mencari jati diri. Aku boleh enggak sih bilang enggak mau? Ngerasa enggak PD dengan penampilan itu, memakai baju ini, rambut seperti ini, boleh enggak sih bilang enggak?" kata Raisa dalam webinar Diskusi Industri Musik dan Musisi (DIKSI), Rabu (21/10/2020).

Baca juga: Bukan Cuma Gender, Raisa Sebut Masalah Penting Lain di Industri Musik Indonesia

Menurut istri Hamish Daud tersebut, sudah saatnya para perempuan memperjuangkan hal tersebut di industri musik Tanah Air.

Menormalisasi perempuan berkata tidak adalah kunci untuk perkembangan musik Indonesia.

"Tapi ya itu dia yang harus terus diperjuangkan semua cewek saat masuk industri musik. Mereka harus menormalisasi untuk bilang enggak mau untuk sesuatu yang tentang fisik, eksploitasi, kita say no it's okay," kata Raisa.

Baca juga: Cerita Mimpi Indah Raisa, Bertemu dan Digoda Lee Min Ho

Masalah ekspektasi terhadap perempuan dan kerap dibanding-bandingkan dengan perempuan lain adalah masalah utama yang dianggap Raisa penting untuk dibenahi di industri musik saat ini.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X