Kompas.com - 21/10/2020, 16:59 WIB
Raisa Andriana saat mengunjungi Kantor Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta, Selasa (26/11/2019). Raisa akan menggelar konser bertajuk Raisa Live in Concert 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 27 Juni 2020 mendatang. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMORaisa Andriana saat mengunjungi Kantor Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta, Selasa (26/11/2019). Raisa akan menggelar konser bertajuk Raisa Live in Concert 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 27 Juni 2020 mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Raisa Andriana selalu merasa tidak nyaman jika dibanding-bandingkan dengan solois wanita lain.

Menurut istri Hamish Daud tersebut, kompetisi yang sengaja dibuat-buat tersebut justru adalah hal buruk yang sepatutnya dihilangkan dari industri musik Indonesia.

Baca juga: Cerita Mimpi Indah Raisa, Bertemu dan Digoda Lee Min Ho

"Aku merasa justru di industri musik yang aku kurang suka adalah kompetisi yang dibuat-buat antara cewek dan cewek. Mungkin bagi kita enggak ada kompetisi, tapi terus tiba-tiba disuruh pilih ini atau itu, Raisa atau Isyana, misalnya," ucap Raisa dalam acara Diskusi Industri Musik dan Musisi (DIKSI), Rabu (21/10/2020).

Bagi Raisa, persaingan yang dibuat-buat seperti itu justru merupakan hal beracun.

Ibu satu anak ini terkadang merasa sangat tak nyaman.

Baca juga: Raisa: Kalau Lee Min Ho Kenal Gue, Dia Bisa Naksir Gue Enggak Ya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia sendiri merasa tak pernah bersaing dengan orang yang tiba-tiba disandingkan sebagai pesaingnya.

"Yang kayak gitu yang bikin enggak nyaman dan itu toxic menurut aku, mengadukan cewek dan cewek yang sejatinya kita harusnya bisa saling mendukung satu sama lain," katanya.

Pada webinar tersebut, Raisa juga sempat membicarakan soal ekspektasi yang kerap disematkan pada musisi-musisi perempuan.

Baca juga: Dapat Hadiah Talenan Lee Min Ho, Raisa Tersipu Malu

Hal tersebut juga sempat menjadi kendala besar baginya karena membuatnya kesulitan untuk menemukan jati dirinya sebagai musikus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.