Bicara Pembajakan Film, Produser Falcon Sebut Perlu Ada Hukuman Tegas

Kompas.com - 21/10/2020, 11:37 WIB
Ilustrasi film di bioskop Ilustrasi | ShutterstockIlustrasi film di bioskop

JAKARTA, KOMPAS.com - Produser Falcon Pictures, Frederica, menjadi pembicara di diskusi publik bersama Komite Film dan Dewan Kesenian Jakarta.

Membahas soal pembajakan film, Frederica menuturkan masalah tersebut memang sudah terjadi sejak dulu.

"Pembajakan sudah bukan menjadi isu baru lagi, asosiasi produser itu sudah melakukan kerjasama untuk selalu men-takedown link-link pembajakan yang selalu beredar," kata Frederica, saat diskusi publik bertajuk Peluang dan Tantangan Bisnis Film Online di Era Pandemi, Selasa (20/10/2020).

Bahkan, kata Fredericca, hingga saat ini masih banyak link untuk mengunduh film secara gratis yang beredar luas di dunia maya, seperti google maupun media sosial.

"Kalau mungkin dari kami PH sendiri kita sudah kerja sama langsung dengan YouTube, Facebook, Telegram, Instagram, ada TikTok juga untuk men-takedown semua film-film yang katagorinya disebarluaskan secara gratis," tutur Frederica.

Baca juga: Kurator Film Rasakan Manfaat Positif dari Online Film Festival

Frederica mengatakan, langkah tersebut belum sepenuhnya memberikan jera terhadap pelaku yang menyebarluaskan film secara ilegal.

"Tapi memang benar yang belum kita lakukan adalah punishment (hukuman). Artinya, ibaratnya kan film-film kita itu dicuri sebenernya," ujar Frederica.

"Tapi memang apa yang kita lakukan kita cuma sekedar takedown, enggak ada punishment terhadap mereka," katanya melanjutkan.

Oleh karena itu, Frederica berharap ke depannya pemerintah dapat membantu untuk menindaklanjuti masalah pembajakan film yang semakin beredar luas.

"Mungkin itu langkah berikutnya yang kita ambil bersama pemerintah untuk menindaklanjuti karena kita sama-sama tahu bukan hanya film yang tayang di OTT yang cepat dibajak tapi juga film yang tayang di bioskop," tutur Frederica.

"Jadi, dua step itu menurut saya yang harus dilakukan bersama pemerintah," kata Frederica lagi.

Baca juga: Bicara soal Pembajakan Film, Manoj Punjabi: Sakit Hati Banget


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X