Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurator Film Rasakan Manfaat Positif dari Online Film Festival

Kompas.com - 21/10/2020, 10:38 WIB
Firda Janati,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Madani Film Festival, Sugar Nadia, menjadi pembicara di diskusi publik bersama Komite Film dan Dewan Kesenian Jakarta.

Sugar Nadia mengungkapkan pendapatnya mengenai festival film yang banyak diselenggarakan secara virtual atau online karena pandemi Covid-19.

Meskipun dilaksanakan secara virtual, Sugar Nadia merasakan ada manfaat positif yang bisa dipetik.

"Kita harus tetap ada, mengadakan online film festival, bedanya mungkin di online film festival kita bisa menjangkau audience yang lebih banyak," ujar Sugar Nadia, saat diskusi publik bertajuk Peluang dan Tantangan Bisnis Film Online di Era Pandemi, Selasa (20/10/2020).

Sugar mengatakan, di beberapa kasus film festival yang dilaksanakan secara online, jumlah peminatnya meningkat hingga 10 kali lipat. 

Baca juga: Eddy D Iskandar Jelaskan Alasan Festival Film Bandung Pilih Istilah Nominasi Aktor Terpuji

"Mungkin di beberapa kasus ada yang sampai 10 kali lipat dari yang biasa dibilang di festival tradisional," tuturnya.

Menurut Sugar Nadia, online film festival dapat menjangkau lebih luas orang-orang yang sebelumnya sulit untuk datang secara langsung.

"Di online film festival bisa mengakses orang-orang yang tadinya kita enggak bisa hadirkan ke film festival, misalnya penyandang disabilitas," kata Sugar.

"Terus juga orang-orang yang memang enggak punya akses (terlalu jauh jarak) akhirnya mereka bisa mengakses lewat online platform," tambahnya.

Sugar menuturkan, banyak faktor yang menjadi alasan mengapa banyak festival film tetap dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

"Supaya kita enggak apa ya, produksi film kan ada terus nih, jadi itu tetap ada enggak numpuk dari film-film yang tahun sebelumnya dan tahun berikutnya," tuturnya. 

Baca juga: Eddy D Iskandar Cerita Awal Mula Festival Film Bandung, Sempat Dilarang Pemerintah

Itu sebabnya, menurut Sugar Nadia, banyak festival film di seluruh dunia yang tetap melaksanakan meskipun dengan cara berbeda.

"Kita jangan wait and see, kita cari cara untuk tetap kreatif dan ketemu untuk mencari hal-hal yang memang kita bisa cari solusinya bersama," pungkas Sugar Nadia.

Diketahui, sebagai kurator film dan direktur Madani Film Festival, Sugar Nadia pernah hadir di Plaza Indonesia Film Festival (PIFF) pada Februari 2020 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com