Lucy Wiryono: Anak adalah Guru Terbaik untuk Orangtua

Kompas.com - 19/10/2020, 20:40 WIB
Pembawa acara otomotif Lucy Wiryono. Instagram @lucy.wiryono.Pembawa acara otomotif Lucy Wiryono.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presenter olahraga Lucy Wiryono menuturkan cerita menarik tentang putrinya, Danya, yang didiagnosis autisme.

Kepada artis Melaney Ricardo, Lucy bercerita saat itu Danya mengalami gangguan motorik yang membuat dia tidak bisa merespons sesuatu dengan baik.

"Gue inget banget ada satu momen yang gue sama suami mungkin enggak akan pernah lupa. Pas dia masih kecil waktu itu motoriknya juga terganggu, dia minum dari sedotan aja dulu enggak bisa," kata Lucy seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Melaney, Senin (19/10/2020).

Baca juga: Cara Lucy Wiryono Berdamai dengan Diri Sendiri Saat Putrinya Didiagnosis Autisme

Ketika Lucy bersama sang suami Afit Dwi Puranto dan putri mereka sedang di luar rumah, Lucy tanpa rencana menawarkan Danya untuk meminum susu yang dia beli.

Betapa terkejutnya Lucy melihat Danya langsung menggunakan sedotan untuk meminum susu tersebut.

"Gue ingat kita lagi di jalan, gue lagi beli susu gue tanya (Danya) 'kamu mau enggak?' aku Godain aku tempelin (sedotan) di dekat mulutnya, ternyata dia bisa," tutur Lucy.

Baca juga: Lucy Wiryono Sempat Bingung Awal Tahu Putrinya Didiagnosis Autisme

"Dia nyedot terus, aku sama suami kaget, wah bisa ya udah enggak apa-apa minum aja semua susunya, saking kita senangnya, itu cuma perkara nyedot doang," lanjutnya.

Bagi Lucy, meski hal itu kerap dianggap perkara kecil, tetapi tidak baginya dan Afit.

Perempuan kelahiran 6 Januari 1978 itu pun menyebut Danya memberikan banyak pelajaran baginya dan Afit, seperti seorang guru.

Baca juga: Gara-gara Komentar Negatif Netizen, Lucy Wiryono Pernah Diminta Tak Siaran Lagi

"Danya tuh mengajarkan kami sebagai orangtua bahwa anak itu jadi guru yang paling baik untuk orangtua, jadi bukan kita yang ngajarin kita yang belajar banyak banget dari mereka," ucap Lucy.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X