Ivan Gunawan: Sekolah Online Enak, Bisa Contek

Kompas.com - 19/10/2020, 14:41 WIB
Perancang busana Ivan Gunawan saat membuka butik eksklusifnya yang diberinama Ivan Gunawan Prive di Bandung, Jawa barat. Dokumen Ivan Gunawan Perancang busana Ivan Gunawan saat membuka butik eksklusifnya yang diberinama Ivan Gunawan Prive di Bandung, Jawa barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Desainer sekaligus pembawa acara Ivan Gunawan membandingkan zaman sekolahnya dulu dengan sekarang.

Ivan mengakui pernah mencontek saat ujian. Dia menulis contekan di pahanya.

" Sekolah online enak, bisa nyonyek. Dulu gue waktu sekolah enggak bisa contek, sampai paha gue semua penuh contekan lho," ungkap Ivan seperti dikutip Kompas.com dalam tayangan YouTube TRANS TV Official, Senin (19/10/2020).

Baca juga: Kata Ivan Gunawan, Ruben Onsu Ingin Pasang Tumpukan Kawat pada Lehernya

Menurut Ivan, upayanya mencontek tak selalu berjalan mulus. Dia pernah ketahuan.

"Sampai guru 'Igun, baca apa?', gitu," kata pemilik nama lengkap Ivan Gunawan Putra itu.

Di sisi lain, pembawa acara Deddy Corbuzier mengatakan tidak sedikit anak Indonesia belum bisa bersyukur dengan yang yang dimiliki saat bersekolah secara daring.

Baca juga: Ivan Gunawan Sebut Ikut Menangis Tahu Rizki DAcademy Diserang Netizen

"Banyak sekali sekarang anak-anak kalau kita lihat dari sisi yang lain, banyak sekali anak-anak dengan fasilitas yang terpenuhi, malah tidak menghargai hal tersebut," kata Deddy Corbuzier. 

Selain itu, Deddy Corbuzier menyebut masih banyak anak Indonesia yang tidak menghargai orangtuanya sendiri yang telah memenuhi kebutuhannya untuk sekolah.

"Orang misalnya ada sekolah online, wah, laptop sudah bagus, semua sudah bagus, ruangan ber-AC," ujar Deddy Corbuzier melanjutkan.

Baca juga: Ruben Onsu Tak Mau Jadi MC di Pernikahan Ivan Gunawan


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X