Cerita Devano Putra Iis Dahlia Pernah Alami Anxiety dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 14/10/2020, 15:24 WIB
Devano Danendra saat peluncuran album “Cerita #1” di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (14/2/2020). KOMPAS.com/Revi C Rantung Devano Danendra saat peluncuran album “Cerita #1” di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (14/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com- Penyanyi yang juga anak dari pedangdut Iis Dahlia, Devano Danendra mengaku pernah mengalami anxiety disorder atau gangguan kecemasan ketika usianya memasuki 15-16 tahun.

Pada Naura, Devano menceritakan bagaimana hal itu dulu terjadi padanya.

"Aku dulu bukan orang yang bersyukur, kayak enggak peduli sama apapun yang aku terima dulu. Yang penting gue senang, yang penting gue fun," kata Devano di Naura TV, dikutip Rabu (14/10/2020).

Baca juga: Iis Dahlia Tak Sangka Devano Danendra Bisa Ciptakan Lagu

"Aku malah kayak riya gitu. Itu adalah hal yang selalu aku sesalin sampai sekarang," lanjutnya.

Hanya saja Devano merasa beruntung karena dia bisa berhasil melewati masa-masa seperti itu dengan cara berdoa dan bersyukur atas apapun yang diterima.

"Aku shalat, berdoa sama Tuhan, aku selalu ngerasa aku selalu dilindungi sama Tuhan, selalu bersyukur sama apa yang terjadi, kayak hal sekecil apapun," kata pelantun 'Teman Cintaku' itu. 

Baca juga: Devano Danendra Rilis Album Perdana, Iis Dahlia: Tadinya Pengin Dia Jadi Pilot

Pengalaman tersebut dianggap Devano sebagai pelajaran berharga untuk bekalnya nanti di masa depan.

"Nyesel pasti, tapi aku juga jadiin pelajaran pastinya, karena kita enggak bisa balikin waktu," tutur penyanyi berusia 18 tahun itu.

"Makanya masa mudah, hal paling penting yang harus kita pikirkan, bukannya masih muda kamu bisa ngelakuin apapun," pesannya lagi.

Baca juga: Ayahnya Pilot Pesawat yang Bawa Harley Selundupan, Devano: Ayah Saya Orang Baik

Dikutip dari laman psychiatry, anxiety disorder merupakan reaksi normal terhadap stres dan bisa jadi bermanfaat dalam beberapa situasi.

Seperti bisa membuat kita waspada akan bahaya dan membantu kita mempersiapkan diri serta memperhatikan.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X