Rayi RAN Ingat Pesan Ibunda: Kalau Bisa Makan 3 Hari ke Depan, Berarti Kamu Orang Kaya

Kompas.com - 09/10/2020, 22:09 WIB
Personel RAN, Rayi Putra Raharjo saat pembukaan gerau streetwear HIDE di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (8/3/2018). KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAPersonel RAN, Rayi Putra Raharjo saat pembukaan gerau streetwear HIDE di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (8/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Rayi Putra (33) tengah berduka karena sang ibunda, Rahayu Joesmintarti, meninggal dunia pada Kamis (8/10/2020) pukul 22.45 WIB.

Bagi Rayi, ibunya merupakan sosok perempuan kuat dan sangat gigih.

"Beliau gigih, teguh pendirian, agak keras kadang. Tapi lebih banyak positifnya. Itu yang saya pelajari dari beliau," kata Rayi Putra di TPU Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (9/10/2020).

Baca juga: Kabar Duka, Ibunda Rayi RAN Meninggal Dunia

Ibunda Rayi ternyata juga berperan besar dalam mengenalkan musik ke anak-anaknya.

Ia ternyata pernah mendirikan sekolah musik bernama Indonesian Youth Orchestra.

"Saya, kakak dan adik saya belajar musik dari sekolah itu. Kalau ibu saya tidak punya sekolah musik, mungkin saya nggak akan berkarier di musik," ucap Rayi Putra.

Baca juga: Duka Nino RAN Ditinggal Sang Ayah untuk Selamanya...

Menurut Rayi, berkat ibunya lah ia kini bisa hidup dari musik.

"Berkat beliau, bakat musik saya terasah dan bisa menghidupi keluarga saya dan keluarga besar," lanjutnya.

Lebih dari itu, bagi Rayi, ibunya adalah sosok yang menjadi pedoman hidupnya.

"Pesannya hanya menjadi orang sederhana dan banyak bersyukur. Kata beliau, 'Kalau bisa makan untuk tiga hari ke depan, berarti kamu orang kaya'," ucap Rayi Putra.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Dari Sosok Mendiang Ibu, Rayi Putra Belajar dan Hidup dari Musik, Ini Nasehat yang Tidak Dilupakan. 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X