Kompas.com - 09/10/2020, 14:58 WIB
Ernest Prakasa di Menara Kompas Dok. Kompas.com Ernest Prakasa di Menara Kompas

JAKARTA, KOMPAS.com - Sineas dan komika Ernest Prakasa ikut memberi tanggapan terkait polemik Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Melalui akun Twitternya, Ernest mengaku, dirinya belum membaca seluruh isi UU yang baru ditetapkan pada 5 Oktober lalu itu.

Namun, sutradara film Imperfect itu sudah membaca pasal-pasal yang dipermasalahkan oleh para pekerja.

"Apakah saya sudah membaca draft lengkap UU Omnibus? Belum. Apakah saya sudah membaca pasal-pasal yang menurut saya merugikan pekerja? Sudah," tulis Ernest seperti dikutip Kompas.com, Jumat (10/10/2020). 

Baca juga: Sinopsis Cek Toko Sebelah, Drama Keluarga Ernest Prakasa

Ernest berpendapat hal itu cukup untuk menjadi alasan masyarakat menentang pengesahan UU tersebut.

"Apakah menurut saya mengidentifikasi pasal-pasal bermasalah, tanpa membaca draft lengkap, bisa menjadi landasan untuk protes? Iya," tulis Ernest. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Ernest, UU Cipta Kerja memang difokuskan untuk mempermudah perusahaan membuka lapangan pekerjaan, tetapi tidak bertujuan membela hak pekerja.

Meski mengakui tidak semua pasal memiliki dampak buruk, tetapi Ernest berharap UU sepenuhnya memberikan dampak baik untuk seluruh masyarakat Indonesia. 

Baca juga: Giring Ganesha Tanggapi Komentar Ernest Prakasa soal Maju Pilpres 2024

"Apakah UU Omnibus sepenuhnya buruk? Tentu tidak. Tapi menurut saya sebagai warga negara, 'Tidak Sepenuhnya Buruk” belumlah cukup. Saya berharap, sebuah UU perlu mencapai titik “Sepenuhnya Baik'. Atau saya yang berharap terlalu banyak?" ujar Ernest.


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X