Kompas.com - 07/10/2020, 19:29 WIB
Aktris dan model Raline Shah pada peluncuran kedai kopinya, Kisaku, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019). KOMPAS.com/Nabilla TashandraAktris dan model Raline Shah pada peluncuran kedai kopinya, Kisaku, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Raline Shah menceritakan momen ketika ia mendaki Gunung Kilimanjaro yang berlokasi di Afrika.

Dari pengalaman mendaki gunung tertinggi di Afrika itu, Raline bisa belajar soal kehidupan.

"Ketika aku mendaki Gunung Kilimanjaro, itu perjalanan super spiritual karena setiap hari di sana hujan," ujar Raline Shah, dikutip Kompas.com dari YouTube Daniel Mananta Network, Rabu (7/10/2020).

Baca juga: Raline Shah Ungkap Kisah Asmaranya, Katanya...

Karena cuaca yang tidak mendukung, Raline menuturkan pemandu selalu bertanya apakah ada pendaki yang ingin turun ke bawah.

"Gue enggak pernah, I am the only person dari awal sampe akhir aku enggak mau turun sampai aku ke sana (puncak)," ujar Raline.

Hujan tak sekali pun mengurungkan niat Raline untuk sampai ke puncak Gunung Kilimanjaro.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Meski Punya Banyak Teman, Raline Shah Merasa Kesepian

Raline tidak mau kehilangan kesempatan lantaran dia telah datang jauh-jauh dari Indonesia.

"Karena negara gue jauh banget enggak mungkin gue balik lagi ke Afrika naik gunung ini, mati pun aku akan naik," ujarnya.

Aktris berusia 35 tahun itu pun ingat pesan orang setempat yang mengatakan jika ingin sampai ke puncak, ia harus jalan perlahan.

Baca juga: Pernah Dibully, Raline Shah Tetap Harus Terlihat Tegar dan Kuat

"Sampai orang kayak wait a minute, padahal gue orang yang paling selow gitu kan. Soalnya orangnya bilang 'kalau kamu mau sampai ke atas, kamu harus pelan-pelan'," ujarnya.

Terus berjalan secara perlahan, Raline akhirnya sampai di puncak Gunung Kilimanjaro.

"Nyampe akhirnya, alhamdulillah luar biasa. I am proud of me," ucap Raline sembari tersenyum.

Baca juga: Dianggap Tak Pernah Susah, Raline Shah: Kadang Aku Sedih

Karena pengalaman naik Gunung Kilimanjaro itu, Raline menuturkan ia bisa belajar soal kehidupan yang seharusnya dijalani dengan perlahan dan tak tergesa-gesa.

"Oh my God, ini seperti hidupku juga. Aku hanya perlu santai. Aku hanya perlu pelan-pelan aja, itulah pesan-Nya," kata Raline.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X