Pernah Dibully, Raline Shah Tetap Harus Terlihat Tegar dan Kuat

Kompas.com - 07/10/2020, 13:50 WIB
Raline Shah usai konferensi pers di Kafe Kisaku, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020) KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUSRaline Shah usai konferensi pers di Kafe Kisaku, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020)
Penulis Firda Janati
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Raline Shah mengaku pernah mengalami perundungan atau bullying ketika masih kecil.

Berbincang dengan Daniel Mananta, meski pernah mendapatkan perundungan dan ditambah didikan keras sang ayah, Raline harus tetap tegar dan kuat.

"I was get bullied waktu kecil. But they don't know this," ujar Raline Shah, dikutip dari YouTube Daniel Mananta Network, Rabu (7/10/2020).

Berkat didikan keras yang diterimanya dari sang ayah sewaktu kecil, Raline kini merasa jadi orang yang kuat.

"Terus ayah aku juga kesannya kayak princess banget tapi dia keras banget, kalau kami pergi berburu itu, 'Raline, enggak boleh nangis', apa segala macam harus keras," tuturnya. 

Baca juga: Dianggap Tak Pernah Susah, Raline Shah: Kadang Aku Sedih

Di sisi lain, lantaran didikan tersebut, Raline mengaku dirinya menjadi orang yang sedikit kaku.

"You know me, aku agak kaku kan terutama waktu masih remaja. Enggak apa-apa kalau orang cerita masalah mereka, tapi buatku aku cuma bisa percaya mungkin sama kamu," ujar Raline.

Merespons Raline, Daniel mengatakan, kalau Raline Shah harus terlihat kuat apapun yang sedang menimpanya.

"Iya, aku selalu, I am okay. Every time, 'are you okay?', 'I am okay. Itu yang aku pelajari," kata Raline.

"Dikasih Allah, dari Tuhan, itu happy, bersyukur. Di luar seperti sakit yang kita rasakan sewaktu kecil atau patah hati dan lapisan kerasnya itu fasad," tutur Raline. 

Baca juga: Cerita Raline Shah Rasakan Didikan Ketat Sang Ayah

Seiring berjalannya waktu, ketika dewasa, rasa sakit sewaktu kecil itu akhirnya bisa diluapkan Raline Shah.

"Sejalan kita tumbuh dan dewasa, kita hancurkan fasad itu, retak sehingga rasa sakit itu bisa keluar dan bisa kita bagi, kita bisa jadi diri sendiri," ujarnya.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X