Bawa Tas Kain, Cara Joe Taslim Bantu Kurangi Limbah Plastik

Kompas.com - 01/10/2020, 16:13 WIB
Aktor Joe Taslim saat diwawancarai Helmy Yahya YouTube Helmy Yahya BicaraAktor Joe Taslim saat diwawancarai Helmy Yahya

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor Joe Taslim mengaku perlahan mengubah kebiasaannya dalam menggunakan plastik.

Ia menyadari akan adanya masalah lingkungan hidup dan bahwa Indonesia adalah salah satu negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar di dunia.

Meski bukan gerakan besar, Joe mencoba melakukan perubahan pada perilaku sehari-harinya.

Baca juga: Beradu Akting di The Swordsman, Jang Hyuk: Joe Taslim, Levelnya Memang Beda

"Saat ke gym dulunya baju-baju kotor kita selaku menggunakan single use plastic, dari gym masukin baju kotor ke plastik sampai rumah dibuang, besoknya begitu lagi," ujar Joe dalam jumpa pers virtual "Garnier Green Beauty", seperti dikutip Kompas.com dari Antara, Kamis (1/10/2020).

Karena itu, bintang film The Raid tersebut sekarang memilih membawa tas kain sebagai tempat pakaian kotor saat sedang berolahraga atau syuting.

"Jadi sekarang bawa tas kain sendiri, jadi baju kotor enggak pakai plastik sekali pakai lagi," ujar Joe.

Baca juga: Pengalaman Joe Taslim Syuting The Swordsman, Betah di Korea hingga Foto Bareng Jang Hyuk

"Terus bawa botol sendiri, tinggal diisi aja dari dispenser itu kan mengurangi penggunaan botol plastik," katanya melanjutkan.

Di sisi lain, Joe berpendapat tanggung jawab untuk menjaga lingkungan bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga masyarakat.

Baca juga: Joe Taslim Tampil Gondrong di The Swordsman

Sebagai individu, menurut Joe Taslim, kita juga harus memiliki kesadaran sendiri, salah satunya dengan mengurangi sampah plastik.

"Isu-isu seperti ini harus kita highlight, underline, bold, dan ini jadi tanggung jawab kita semua. Enggak cuma Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), tapi kita semua masyarakat Indonesia yang terlibat dalam penggunaan plastik," kata Joe.


Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X