Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses dan Gejala yang Dialami Joy Tobing Sebelum Dinyatakan Positif Covid-19

Kompas.com - 30/09/2020, 16:52 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Joy Tobing mengungkapkan proses dan gejala yang dialaminya sebelum dinyatakan positif Covid-19.

Dalam kanal YouTube Cumicumi, Joy Tobing mengakui pada Agustus 2020, ia banyak sekali menghadiri kegiatan baik itu virtual atau pun tatap muka langsung.

Menjelang akhir Agustus 2020, Joy Tobing mengalami demam, flu, dan batuk.

Hanya saja, ia menganggapnya tidak enak badan biasa lantaran cuaca yang menurutnya sedang kurang baik.

Pada 1 September 2020, Joy Tobing bersama Ibunda dan anaknya menjalani rapid test di salah satu rumah sakit untuk keperluan penerbangan ke luar kota pada 4 - 6 September 2020.

"Jadi kami rapid test dan hasilnya nonreaktif. Puji Tuhan, acara di luar kota itu berjalan dengan baik dan lancar, mulai tanggal 4 sampai 6," kata Joy Tobing seperti dikutip Kompas.com, Rabu (30/9/2020).  

Baca juga: Sembuh dari Covid-19, Joy Tobing Masih Harus Isolasi Mandiri 14 Hari

Kendati demikian, selama tiga hari itu Joy Tobing selalu terbangun di waktu subuh.

Sebab, kondisi tubuh yang dirasakan seperti orang keringat dingin.

Sepulang dari luar kota, pemilik nama lengkap Joy Destiny Tiurma Tobing itu masih menghadiri salah satu acara talkshow pada 7 September 2020.

"Pulang dari acara talkshow itu, sampai di rumah, kakak itu sudah merasa tidak enak karena beberapa hari belakangan penciuman kakak terganggu dan pengecapan rasa di lidah mulai aneh," ungkap Joy Tobing.

"Terus Kakak mulai mencium kayak bau-bau bakaran, bau bau asap, kakak pikir, waktu di acara itu ada orang yang merokok sehingga namanya kakak lagi batuk dan flu, bau-baunya tinggal di hidung," ucap Joy Tobing melanjutkan.  

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Karena Cinta dari Joy Tobing

Oleh karena itu semua, Joy Tobing meminta adiknya yang berprofesi sebagai dokter untuk menjalani antigen swab test dan hasilnya menunjukkan positif Covid-19.

Kemudian, Joy Tobing langsung menjalani isolasi mandiri selama 14 hari ke depan.

Selepasnya, Joy Tobing kembali melakukan swab test dan akhirnya menunjukkan hasil negatif Covid-19.

"Swab hari Jumat negatif, cuma memang kan harus tetap 14 hari kemdian supaya benar benar pulih total dan memang belum boleh satu kamar dulu dengan Josua, dekat dekat dengan Mamah dan yang lain lain, enggak boleh," kata Joy Tobing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com