Augie Fantinus: Gue Jadi Sarjana Hukum Setelah Bebas dari Rutan Salemba

Kompas.com - 29/09/2020, 17:06 WIB
Artis peran Augie Fantinus menjadi bintang tamu kanal YouTube Daniel Mananta Network. YouTube Daniel Mananta Network.Artis peran Augie Fantinus menjadi bintang tamu kanal YouTube Daniel Mananta Network.

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Augie Fantinus menceritakan pengalamannya ketika mendekam di Rutan Salemba, Jakarta Pusat tahun lalu.

Kepada pembawa acara Daniel Mananta, Augie menyebut dirinya sudah menjadi sarjana hukum sekeluar dari penjara.

"Secara tidak langsung, gue jadi sarjana hukum, karena gue sudah tahu pasal-pasal, teman-teman (tahanan juga) jadi tahu," kata Augie seperti dikutip Kompas.com dari tayangan YouTube Daniel Mananta Network, Selasa (29/9/2020).

Baca juga: Berkaca-kaca, Augie Fantinus Ceritakan Pengalaman Jadi Tahanan

 

Pria kelahiran Agustus 1979 itu mengungkapkan bagaimana ia dan tahanan lain berbagi kisah tentang kasus yang membawa masing-masing ke dalam penjara. 

Menurut Augie, para tahanan tidak menyebutkan kasusnya, melainkan pasal yang menjeratnya.

"Karena kalau di dalam, kita kalau ngomong 'Eh, kasus lu apa?', 'Oh gue penculikan atau pembunuhan', enggak. Mereka nyebutin pasal, '310, 311, 265, 263, 262', gitu," kata Augie.

Baca juga: Respons Augie Fantinus soal Anggapan Pemerintah Tak Bantu Kasusnya

Lebih dari itu, polisi memampang nama-nama tahanan beserta pasal yang menjeratnya.

"Oh sama ditulis kan 'Augie, pasalnya'. Jadi kan gue tiap hari baca, yang lain juga, gue sambil hafalin, 'Oh pasalnya ini'. Jadi gue jadi sarjana hukum," sebut Augie.

Augie terseret kasus pencemaran nama baik karena mengunggah video seorang aparat kepolisian di akun Instagram miliknya pada 11 Oktober 2018 lalu.

Baca juga: Cerita Augie Fantinus Jadi Manajer Timnas Basket Putri di Sea Games 2015

Dalam video tersebut, Augie menyebut oknum anggota kepolisian itu sebagai calo tiket untuk pertandingan basket Asian Para Games. Namun, tudingan Augie dinyatakan tidak benar.

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat menjatuhkan vonis lima bulan penjara kepada Augie Fantinus pada 5 Maret 2019.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X