BAP Dibacakan, Mantan Kuasa Hukum Ungkap Proses Pemberian Pil Xanax pada Vanessa Angel

Kompas.com - 28/09/2020, 19:12 WIB
Terdakwa kasus penyalahgunaan obat golongan psikotropika Vanesza Adzania alias Vanessa Angel mengikuti sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Jakarta, Senin (31/8/2020). Vanessa Angel didakwa atas kepemilikan psikotropika golongan IV yaitu 20 pil xanax. ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANTerdakwa kasus penyalahgunaan obat golongan psikotropika Vanesza Adzania alias Vanessa Angel mengikuti sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Jakarta, Senin (31/8/2020). Vanessa Angel didakwa atas kepemilikan psikotropika golongan IV yaitu 20 pil xanax.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat kembali menggelar persidangan terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba atas terdakwa Vanessa Angel.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan Berkas Acara Pemeriksaan (BAP) saksi Abdul Malik lantaran yang bersangkutan sudah tiga kali tak memenuhi panggilan sidang.

Untuk diketahui, Abdul Malik merupakan orang yang memberikan beberapa butir pil xanax kepada Vanessa Angel.

Selain itu, Abdul Malik adalah kuasa hukum Vanessa Angel saat tersandung kasus prostitusi online pada 2019 lalu di Surabaya, Jawa Timur.

Dalam BAP, Abdul Malik mengungkapkan proses pemberian pil xanax kepada Vanessa Angel.

"Karena menunggu (persidangan) terlalu lama, saya waktu itu minum obat dari dokter dan saudari Vanessa Angel bertanya 'obat apa itu?'," kata Jaksa membacakan isi BAP Abdul Malik, Senin (28/9/2020).

Baca juga: Vanessa Angel Keluhkan Sidang Kasus Narkobanya Berjalan Lamban

Lantas, Abdul Malik menjawab bahwa obat yang diminumnya itu merupakan obat jantung dan xanax. Kemudian, Vanessa Angel meminta obat xanax kepadanya.

"(Awalnya) saya tidak memberi. Namun, saudara Vanessa Adzania mengatakan punya resepnya. Kemudian, di sidang berikutnya saudara Vanessa Adzania menunjukkan resep dokter tersebut," ujar Jaksa.

Oleh sebab itu, Abdul Malik dalam BAP mengatakan bahwa memercayai dan memberikan dua butir obat xanax kepada Vanessa Angel.

"Xanax yang diberikan kepada Vanessa Adzania saat itu dua butir, dan saat itu juga diminum oleh saudara Vanessa Adzania setelah sidang selesai," ucap Jaksa.

Baca juga: Bibi Ardiansyah Teteskan Air Mata Saksikan Sidang Vanessa Angel

Masih dalam BAP, Abdul Malik menjelaskan, ia pernah berobat di Rumah Sakit Siloam Hospital, Surabaya, Jawa Timur pada April 2014 karena mengidap penyakit jantung.

Pada saat itu, Abdul Malik menuturkan bahwa ia menjalani operasi dan pemasaran ring pada jantungnya.

Setelahnya, dokter memberikan Abdul Malik obat lipitor dan xanax untuk dikonsumsi.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X