Cerita Pamungkas Alami Gangguan Pendengaran hingga Usia 18 Tahun

Kompas.com - 26/09/2020, 16:04 WIB
Onadio dan Pamungkas sedang berbincang. (Bidikan layar YouTube Onadio Leonardo) KOMPAS.com/Revi C Rantung Onadio dan Pamungkas sedang berbincang. (Bidikan layar YouTube Onadio Leonardo)

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang tak mengenal penyanyi Rizky Rahmahadian Pamungkas atau biasa dikenal dengan nama Pamungkas.

Saat ini, Pamungkas menjadi salah satu penyanyi yang digandrungi remaja lantaran menyuguhkan musik yang enak didengar.

Meski telah menjadi penyanyi terkenal, Pamungkas punya cerita memilukan ketika kecil.

Melalui kanal YouTube Onadio Leonardo, Pamungkas menceritakan kekurangannya saat kecil dilahirkan dengan usus pendek sehingga harus menerima cangkok.

"Jadi waktu gue lahir. Zaman dulu 1993, nyokap gue (lahiran) caesar, dan menurut cerita nyokap gue, harus 5 tahun baru boleh melakukan caesar lagi. Sementara baru setahun nyokap gue sudah hamil gue," kata Pamungkas dalam YouTube The Leonardos, dikutip Kompas.com, Sabtu (26/9/2020).

Baca juga: Setelah Rilis Album Solipsism, Pamungkas Pamit Sebentar dari Dunia Musik

"Terus kata dokter, enggak mungkin. Jadi pilihannya ibunya atau anaknya yang lewat (meninggal)" ujar Pamungkas melanjutkan.

Tahu kenyataan tersebut, Pamungkas menceritakan ibunya lantas menulis buku sambil berjalan-jalan. Dengan harapan, ia yang berada di dalam perut dan anak-anaknya yang lain mengenal ibu yang melahirkannya.

"Ternyata gue yang ancur, usus gue manusia tuh gini ya, gue gini selesai (pendek), akhirnya dicangkok," ujar Pamungkas.

Dari kendala ususnya merembet hingga ke pendengaran. Dari sinilah yang membuat Pamungkas sempat mengalami gangguan pendengaran alias setengah tuli.

"Karena dicangkok efeknya ke THT, kuping gue saat umur 6 tahun (enggak bisa dengar) sampai umur 18 tahun," tutur Pamungkas.

Baca juga: Manusia Kasur, Singel Kolaborasi Petra Sihombing dan Pamungkas

Namun, rupanya Pamungkas tak mengetahui dirinya mengalami gangguan pendengaran.

Orangtuanya juga merahasiakannya dan sengaja meminta dia les drum guna merangsang pendengarannya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X