BTS Sebut Musik Disko Jadi Tantangan Saat Membuat Dynamite

Kompas.com - 25/09/2020, 13:16 WIB
BTS Cindy Ord / WireImage, The VergeBTS

KOMPAS.com - Boy group BTS telah merilis singel hit " Dynamite" pada 21 Agustus lalu.

Lagu tersebut booming di berbagai negara hingga memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100 selama dua minggu.

Saat sesi wawancara dengan layanan streaming baru dari Museum Grammy, Collection: Live, BTS membahas seputar lagu "Dynamite".

Suga mengungkapkan faktor yang menjadi tantangan bagi BTS dalam produksi lagu "Dynamite".

"'Dynamite’ ada dalam gaya disko retro, jadi kami mencoba banyak hal berbeda dalam pencampuran (mixing lagu)," kata Suga, dikutip dari Soompi, Kamis (25/9/2020).

Baca juga: Ini Pidato Lengkap BTS di Sidang Umum PBB

"Kami tidak tumbuh besar dengan mendengarkan musik disko, jadi kami banyak berpikir tentang bagaimana menghidupkan era itu," ujar Suga melanjutkan.

Beruntung, BTS menemukan cara yang tepat untuk bisa menyelesaikan "Dynamite" dengan sempurna.

"Biasanya, kami bekerja dengan banyak teknisi berbeda dalam proses mixing, dan ini adalah proses revisi yang konstan. Jadi, kami akhirnya mencoba banyak gaya musik yang berbeda," kata Suga lagi.

J-Hope juga berbagi bahwa poin kunci dari koreografi lagu "Dynamite" ialah agar mudah bagi banyak orang untuk ikut menari.

Baca juga: Kilas Balik BTS di Sidang Umum PBB 2018, RM Ajak Cintai Diri Sendiri

Halaman:

Sumber Soompi
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X