Dwi Sasono Ajukan Pledoi, Keberatan Dituntut 9 Bulan Rehabilitasi

Kompas.com - 23/09/2020, 16:49 WIB
Dwi Sasono KOMPAS/COKORDA YUDISTIRADwi Sasono

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuasa hukum Dwi Sasono, Aris Marasabessy merasa keberatan dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap kliennya.

Diketahui, jaksa menuntut Dwi Sasono selama 9 bulan rehabilitasi dikurangi masa perawatannya di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur.

Mengenai hal ini, Aris menegaskan, akan mengajukan pembelaan atau pledoi atas tuntutan jaksa dalam persidangan selanjutnya.

"Setelah kami mendengar tuntutan yang disampaikan, menurut kami ada beberapa kekurangan maka kami akan mengajukan klaim B (pledoi). (Disiapkan) Satu minggu yang mulia," ujar Aris Marasabessy kepada majelis hakim dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (23/9/2020).  

Baca juga: Jaksa Tuntut Dwi Sasono 9 Bulan Rehabilitasi

Kemudian, majelis hakim memberikan kesempatan kepada tim kuasa hukum Dwi Sasono untuk menyiapkan pledoi yang nantinya akan dibacakan di persidangan pekan depan.

"Untuk memberikan kesempatan kepada penasihat hukum terdakwa, menetapkan (sidang lanjutan) pada Rabu 30 September 2020 pukul 13.00 WIB," tegas majelis hakim.

Ditemui selesai sidang, Aris menegaskan, jaksa tidak mempertimbangkan fakta-fakta yang ada di dalam persidangan sebelumnya.

"Hasil assessment-nya itu menyatakan 3 sampai 6 bulan, bukan 9 bulan gitu, lho. Kami sebenarnya sepakat Pasal 127 yang dikenakan, tapi kadar hukumannya yang kami kurang sepakat," kata Aris.  

Baca juga: Dwi Sasono Hadapi Sidang Tuntutan Kasus Narkoba Hari Ini

Adapun, Dwi Sasono ditangkap kepolisian pada 26 Mei 2020 di kediamannya, kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Dari hasil penggeledahan, polisi menyita barang bukti berupa ganja seberat 16 gram.

Dwi Sasono saat ini tengah menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur, Jakarta Timur.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X