Perjuangan dan Kesabaran Pemain Jalani Syuting Film Ranah 3 Warna

Kompas.com - 20/09/2020, 19:55 WIB
Arbani Yasiz dan Amanda Rawles dalam sebuah adegan di film Ranah 3 Warna. IstimewaArbani Yasiz dan Amanda Rawles dalam sebuah adegan di film Ranah 3 Warna.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak tantangan untuk menggambarkan cerita film yang diadaptasi dari judul novel laris, Ranah 3 Warna.

Para pemain dan tim produksi pun menjalani syuting dengan penuh perjuangan demi bisa menggambarkan plot cerita serta karakter yang sudah dikenal melalui novel yang ditulis Ahmad Fuadi tersebut.

Baca juga: Amanda Rawles Perankan Karakter Lebih Tua dari Usianya di Film Ranah 3 Warna

Di antara mereka adalah Amanda Rawles yang memerankan karakter Raisa, seorang jurnalis yang kritis.

"Kalau menjadi jurnalis sebenarnya ada bayangan. Nah yang lumayan menantang itu aku harus bisa menari Minang dan belajar Bahasa Perancis, agak susah ya," ujar Amanda dalam keterangan tertulis, Minggu (20/9/2020).

Pemain lainnya, Arbani Yasiz, juga punya tantangan tersendiri dalam memerankan Alif Fikri di film Ranah 3 Warna.

Baca juga: Amanda Rawles Dapat Banyak Inspirasi dari Film Ranah 3 Warna

Sebagai tokoh utama, hampir 90 persen perannya ada dalam film tersebut.

"Ini pertama kalinya dapat karakter aksen Minang, padahal saya bukan orang Minang, saya ini Medan dan Palembang, ini berbeda banget," ujar Arbani.

Film yang berlatar belakang era 1990-an tersebut menceritakan perjuangan Alif Fikri untuk mengejar cita-citanya.

Baca juga: Film Ranah 3 Warna Kisahkan Sebuah Perjuangan dan Kesabaran

"Ini kisah tentang seseorang yang sudah berusaha sekuat tenaga, sudah Man Jadda Wa Jadda, namun belum juga berhasil," ujar sutradara Guntur Soeharjanto.

Guntur menilai, pesan film Ranah 3 Warna yang disutradarainya itu sesuai dengan kondisi saat ini. Yakni memiliki related dengan kehidupan manusia yang harus bersabar menjalani kehidupan di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu tergambar dari sosok Alif Fikri sebagai seseorang yang penyabar. 

Baca juga: Main di Ranah 3 Warna, Arbani Yasiz: Tantangannya Banyak

"Sabar itu tetap aktif mencari solusi. Nah, hal itu yang ingin ditunjukkan Alif Fikri, tokoh sentral dalam film ini. Ini kisah tentang perjuangan dan kesabaran," ujarnya lagi.

Selain bisa mengambil makna positif, para penonton pun bisa dimanjakan dengan pengambilan gambar dengan latar belakang budaya Tanah Air dan suasana era 1990-an.

Selain Arbani Yasiz dan Amanda Rawles, film Ranah 3 Warna yang akan segera tayang juga dibintangi aktor muda lainnya, Teuku Rassya.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X