Jalani Sidang Perdana, Seungri Akui Satu Dakwaan

Kompas.com - 16/09/2020, 14:55 WIB
Seungri, mantan member BIGBANG, yang tengah terlibat kasus hukum di Korea Selatan. KoreabooSeungri, mantan member BIGBANG, yang tengah terlibat kasus hukum di Korea Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan anggota BIGBANG, Seungri, sebelumnya didakwa dengan berbagai tuduhan termasuk kebiasaan berjudi, penggelapan, dan perdagangan seks.

Meski didakwa dengan 8 dakwaan berbeda, Seungri membantah sebagian besar dakwaan kecuali dakwaan melanggar Undang Undang Valuta Asing.

Baca juga: Seungri Akan Diadili untuk Kasus Prostitusi dan 7 Pelanggaran Lainnya

Dakwaan terhadap Seungri sudah dibacakan setahun lalu.

Pada 16 September 2020 ini, Seungri menghadiri sidang pertamanya di Pengadilan Militer Umum di kota Yongin atas dugaan menjadi perantara prostitusi.

Baca juga: Jalani Wamil, Seungri Terpilih Menjadi Pemimpin Peleton

Karena Seungri saat ini bertugas wajib militer, persidangannya berlangsung di luar pengadilan biasa di Seoul.

Sidang Seungri pagi ini (16/9/2020) adalah terkait tuduhan kejahatan ekonomi tertentu seperti penggelapan, pelanggaran tindakan sanitasi makanan, serta pelanggaran tindakan untuk praktik khusus termasuk kejahatan kekerasan seksual.

Baca juga: Bisnis Ramen Seungri Eks BIGBANG Dikabarkan Bangkrut

Pengacara Seungri pun membantah tuduhan kebiasaan berjudi kliennya. 

Sedangkan untuk dakwaan sanitasi makanan, Seungri mengklaim bahwa dia tahu biro kota telah meminta perubahan setelah penyelidikan, tetapi manajernya, Lee, bertanggung jawab untuk menjalankan Monkey Museum.

Baca juga: Sempat Tertunda, Seungri Eks BIGBANG Akhirnya Resmi Jalani Wajib Militer

Tuduhan penggelapan juga dibantah oleh Seungri. Dia mengklaim sebagian dari dana telah diambil kembali dari Lee dan Hong.

Meskipun Tuan Lee terlibat sebagai manajer Monkey Museum, Tuan Hong bertindak atas kemauannya sendiri.

Baca juga: Seungri Dikabarkan Masuk Wajib Militer Mulai 9 Maret 2020

Terakhir, Seungri membantah tuduhan terlibat dalam mediasi prostitusi terhadap hubungan bisnis Taiwan dan Jepang.

Pengacara mengklaim bahwa Seungri tidak berpartisipasi dalam tindakan seksual apa pun dan tidak terlibat dalam tindakan Yoo In Suk.

Baca juga: Seungri Terima Surat Pemberitahuan untuk Daftar Wajib Militer

Sebagai informasi, Yoo In Suk yang dikenal sebagai suami aktris Park Han Byul.

Pengacaranya juga mengklaim wanita-wanita tersebut tidak diidentifikasi secara khusus. Seungri secara hukum diizinkan untuk menggunakan hak pembelaannya.


Sumber Koreaboo
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X