Tak Alami Sesak Napas, Iis Sugianto Sebut Lidahnya Tak Bisa Merasa Saat Positif Covid-19

Kompas.com - 16/09/2020, 14:35 WIB
Penyanyi Iis Sugianto ceritakan pengalaman dinyatakan Covid-19 YouTube Iis Sugianto NewPenyanyi Iis Sugianto ceritakan pengalaman dinyatakan Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Penganyi Iis Sugianto beberapa waktu lalu sempat terjangkit virus corona.

Bahkan, Iis Sugianto sempat mendapat perawatan tiga minggu di rumah sakit yang khusus menangani pasien positif Covid-19.

Selama virus tersebut hinggap di dalam tubuhnya, penyanyi yang 17 November nanti akan berumur 59 tahun ini mengalami sejumlah gejala.

"Kalau kepada saya (dampaknya) demam tinggi, tetapi saya tidak sesak, tidak batuk, dan penciuman masih ada," tutur Iis Sugianto, dikutip dari kanal YouTube Iis Sugianto New, Rabu (16/9/2020).

"Tetapi tidak ada nafsu makan karena lidah saya tidak ada rasa sama sekali. Seperti ada rasa belerang dan rasa kalau asin, asin sekali, kalau manis, manis sekali," jelasnya lagi.

Baca juga: Cerita Iis Sugianto Saat Dinyatakan Positif Covid-19

Meski begitu, Iis Sugianto mengingatkan bahwa dampak yang dirasakan berbeda-berbeda pada setiap pasien.

"Ketika itu, kekentalan darah saya sampai tiga kali di atas orang normal. Itu juga untung dirawat dan dijaga oleh dokter sehingga kekentalan darah saya bisa terjaga. Nah itu keuntungan saya dirawat," kata Iis Sugianto.

Pelantun "Jangan Sakiti Hatinya" ini berharap kisahnya dapat membuat masyarakat lebih patuh lagi dalam melakukan protokol kesehatan.

"Mudah-mudahan keterangan saya ini bisa bermanfaat buat teman-teman semua untuk menjaga kesehatan. Hidup ini tidak bisa tanpa masker sama sekali. Jadi tiada hari tanpa masker," ucap Iis Sugianto.

Baca juga: Dinyatakan Covid-19, Iis Sugianto: Saya dalam Keadaan 50 Persen Sembuh, 50 Persen Akhir Hidup

Gejala yang dirasakan Iis Sugianto sebelum dinyatakan positif Covid-19 adalah demam tinggi.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X