Curhat Alice Norin Idap Plasenta Previa, Kehilangan 3 Liter Darah dan Risiko Angkat Rahim

Kompas.com - 13/09/2020, 19:37 WIB
Alice Norin saat ditemui di kawasan Tendean Jakarta Selatan, Kamis (20/2/2020) KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUSAlice Norin saat ditemui di kawasan Tendean Jakarta Selatan, Kamis (20/2/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com- Artis Alice Norin membagikan cerita perjuangannya melahirkan anak kedua di tengah kondisi kesehatannya yang penuh risiko.

Alice mengatakan dirinya adalah pejuang Placenta Previa Totalis Accreta.

Lewat akun Instagram, Alice menceritakan tentang kondisi yang sudah diketahuinya sejak awal kehamilan.

Baca juga: Selamat! Alice Norin Melahirkan Anak Kedua

"Di awal kehamilan, aku didiagnosis mengalami kondisi placenta previa yang mengharuskan aku untuk konsultasi dengan beberapa dokter ahli. Setelah beberapa kali konsul, ternyata ada kondisi accreta juga, dimana kasus accreta ini jarang terjadi," tulisnya, dikutip dari akun @alicenorin, Minggu (13/9/2020).

Dari laman mayoclinic, plasenta akreta adalah kondisi kehamilan serius yang terjadi ketika plasenta tumbuh terlalu dalam ke dinding rahim. 

Biasanya, plasenta terlepas dari dinding rahim setelah melahirkan. Dengan plasenta akreta, sebagian atau seluruh plasenta tetap menempel.

Baca juga: Alice Norin Kenang Kebaikan Ashraf Sinclair yang Sulit Dilupakan

Hal ini dapat menyebabkan kehilangan darah yang parah setelah melahirkan.

Dokter sempat mengingatkan tentang kondisinya yang mungkin mengharuskannya mengangkat rahim.

"Ada kemungkinan kondisi aku ini mengharuskan aku untuk angkat rahim dan aku belum 100% siap, karna kalo itu satu2nya pilihan berarti aku ga akan bisa haid dan hamil lagi," kata Alice bercerita dalam Instagram-nya.

Bagaimanapun kondisinya, Alice tetap bersyukur karena dia tahu hal itu sejak awal.

Baca juga: Tanpa Diet, Berat Badan Alice Norin Turun 6 Kilogram

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X