Kompas.com - 12/09/2020, 18:42 WIB
Teater bertajuk Cinta Dasima. IstimewaTeater bertajuk Cinta Dasima.

JAKARTA, KOMPAS.com - Melalui kegiatan #NontonTeaterDiRumahAja, Bakti Budaya Djarum Foundation akan menghadirkan secara daring Cinta Dasima.

Pertunjukan yang telah dipentaskan di Gedung Kesenian Jakarta pada 17 Mei 2009 ini akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube IndonesiaKaya pada 12 dan 13 September 2020 pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Dengan Formula Baru, Teater Rumah Kenangan Hadir dalam Bentuk Film

Produser Cinta Dasima, Maudy Koesnaedi, mengatakan bahwa pementasan ini merupakan salah satu upaya dalam melestarikan kebudayaan Betawi dan mengenalkannya kepada generasi muda.

"Semoga penayangan lakon ini dalam kegiatan #NontonTeaterDiRumahAja dapat mengisi, mewarnai, dan tentunya menjadi solusi hiburan akhir pekan bagi para penikmat seni yang sedang di rumah," kata Maudy Koesnaedi dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (12/9/2020).

Baca juga: Jangan Lewatkan, Pementasan Tanda Cinta dari Teater Koma, Disiarkan Online

Dengan ditampilkannya pementasan ini, mengingatkan Maudy Koesnaedi pada proses yang dilewatinya saat itu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Menyaksikan kembali pementasan ini membawa kenangan pementasan teater ini, bagaimana serunya bertemu tim produksi dan sama-sama berproses untuk menampilkan pementasan yang menghibur. Proses-proses ini yang saya rindukan," ujar Maudy Koesnaedi.

Cinta Dasima menceritakan Dasima yang dipaksa menikah dengan Edward William, warga negara Inggris kepercayaan Gubernur Jenderal Batavia pada saat itu.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Teater Sinden Republik Bakal Disiarkan Secara Daring

Namun, Dasima merasa tidak bahagia dalam hidupnya. Suatu hari di sebuah acara kemeriahan di rumah Koh Aseng, ia bertemu dengan Samiun, tukang delman.

Seiring berjalannya waktu, mereka diam-diam saling suka satu sama lain. Tetapi Dasima masih menjaga jarak dan norma dengan alasan dia masih istri Edward William.

Sementara itu Hayati, istri Saimun, mencium hubungan terlarang ini. Dia melabrak Saimun yang tengah bersama Dasima. Kendati Demikian, Hayati disuruh oleh pergi Saimun.

Baca juga: Profil Henky Solaiman, Aktor Legendaris di Teater, Film, hingga Televisi

Karena sakit hati, dia meminta tolong Koh Aseng, yang memiliki jagoan bernama Bang Pause, untuk memberi pelajaran kepada Dasima.

Cinta Dasima diproduksi oleh Teater Abnon dengan tim kreatif yang terdiri dari Maudy Koesnaedi, Adjie NA, dan Imam Firmansyah.

Turut juga dimeriahkan oleh Melissa, A. Rifky, Tike Priatnakusumah, Tasa Rudman, dan Kiki Purliageng.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X