Katon Bagaskara Bebaskan Lagu KLa Project untuk Dicover

Kompas.com - 07/09/2020, 19:11 WIB
Katon Bagaskara tampil di Prambanan Jazz Festival 2017 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat (18/8/2017). Prambanan Jazz Festival berlangsung selama tiga hari dari 18 sampai 20 Agustus 2017 di Candi Prambanan, Yogyakarta. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKaton Bagaskara tampil di Prambanan Jazz Festival 2017 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat (18/8/2017). Prambanan Jazz Festival berlangsung selama tiga hari dari 18 sampai 20 Agustus 2017 di Candi Prambanan, Yogyakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah pro-kontra masalah hak cipta lagu, penyanyi Katon Bagaskara memutuskan untuk membebaskan lagu-lagu KLa Project untuk dicover.

Lewat akun Twitter-nya, Katon Bagaskara mengumumkan KLa Project tidak akan menuntut orang-orang yang meng- cover lagu mereka di media sosial.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Cinta Putih dari Katon Bagaskara

"Guys, kamu semua bebas untuk mengcover semua lagu saya dan KLa di sosmed/dunia internet, tidak perlu minta izin," tulisnya seperti dikutip Kompas.com, Senin (7/9/2020).

Katon Bagaskara berpesan agar lagu-lagu tersebut tidak disalahgunakan untuk mencari kepentingan komersiil.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Dinda di Mana dari Katon Bagaskara

"Kami tidak akan menuntut apa-apa asal kamu tidak mencuri lagu-lagu itu untuk kepentingan komersiil. Selamat berekspresi ya!" tulisnya.

Sebelumnya ada pemberitaan bagi orang-orang yang ingin melakukan cover lagu di YouTube maka mereka harus bersiap-siap menghadapi ancaman hukuman 3 tahun penjara serta denda Rp 500 juta.

Hal ini sempat menuai pro dan kontra di kalangan musisi.

Sebagian besar musisi sangat setuju dan mendukung hal ini karena akan menciptakan ekosistem musik yang lebih baik.

Kendati demikian, tak sedikit juga menyayangkan keputusan tersebut karena akan membatasi kreativitas orang di media sosial.

Baca juga: Pesan Katon Bagaskara kepada Pria di Prambanan Jazz Festival

Reza Arap Oktovian, misalnya, tidak sependapat dengan ancaman hukuman 3 tahun penjara dan denda Rp 500 juta untuk musisi cover lagu di YouTube.

Oleh sebab itu, Reza Arap juga sudah membebaskan orang-orang untuk mengcover lagu Werid Genius tanpa harus meminta izin kepada para personel atau publisher.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X