Sinopsis Film Ruma Maida, Pentingnya Mengenal Sejarah dan Pluralisme Bangsa

Kompas.com - 03/09/2020, 09:32 WIB
Poster film Ruma Maida (2009). IMDbPoster film Ruma Maida (2009).

JAKARTA, KOMPAS.com- Film Ruma Maida yang dirilis secara internasional dengan judul Maida's House adalah film drama Indonesia yang ditulis oleh Ayu Utami dan disutradarai oleh Teddy Soeriaatmadja pada 2009.

Film yang dibintangi Atiqah Hasiholan, Yama Carlos, Nino Fernandez dan Frans Tumbuan ini dijadwalkan tayang di Netflix 10 September 2020.

Ruma Maida menggunakan gaya pengambilan film yang berbeda untuk adegan pada masa lalu dan modern, membahas pentingnya pendidikan, sejarah dan pluralisme.

Baca juga: Sinopsis Film Dear Nathan: Hello Salma, Ujian Cinta Jefri Nichol dan Amanda Rawles, Segera di Netflix

Seorang mahsiswi jurusan sejarah yang beragama Nasrani, Maida (Atiqah Hasiholan) mengurus sekolah gratis untuk anak jalanan di Jakarta.

Sebelumnya, bangunan sekolah itu adalah rumah seorang pencipta lagu sekaligus pilot keturunan Indonesia, Ishak Pahin (Nino Fernandez) yang beragama Nasrani, namun memiliki istri beragama Islam, Nani Kuddus (Imelda Soraya).

Ketika masih tinggal dirumah itu, Pahing menciptakan lagu "Pulau Tenggara" yang mengilhami Presiden Soekarno untuk membentuk Gerakan Non-Blok.

Baca juga: Sinopsis Defending Jacob, Upaya Chris Evans Membersihkan Nama Putranya

Setelah Maida mengetahui kisah Pahing, dia mulai menulis skripsinya tentang pencipta lagu tersebut.

Suatu hari, ketika ia sedang mengajar, kelasnya diganggu oleh seorang arsitek Muslim bernama Sakera (Yama Carlos), yang ditugaskan untuk mengusir Maida oleh Dasaad Muchlisin (Frans Tumbuan), seorang developer yang juga atasannya.

Saat Maida dan Sakera berdebat, mendadak terjadi kerusuhan besar di sekeliling mereka.

Baca juga: Sinopsis Film Cargo, Sebuah Perjalanan Tanpa Tujuan, Segera di Netflix

Sakera pun lantas melindungi Maida yang merupakan keturunan Tionghoa lalu memberitahu bahwa ia hendak membantu Maida agar sekolah itu tetap dijalankan.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X