Kompas.com - 31/08/2020, 17:08 WIB
Andien menjadi tamu segmen Luna Jalan-jalan di kanal YouTube Luna Maya. YouTube/Luna MayaAndien menjadi tamu segmen Luna Jalan-jalan di kanal YouTube Luna Maya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Andien Aisyah punya perspektif yang berbeda dalam melihat sebuah masalah dalam hidupnya.

Saat berbincang dengan artis Luna Maya, Andien berpendapat, ada dua pilihan ketika seseorang diperhadapkan dengan sebuah masalah.

"Kan begitu kita ada masalah sebenarnya kita punya dua pilihan, antara kita benar-benar drown dalam masalahnya, atau kita bisa melihat apa nih yang mau upgrade dalam diri gue," kata Andien dalam vlog di kanal YouTube Luna Maya, dikutip Kompas.com, Senin (31/8/2020).

Menurut Andien, semua masalah yang terjadi di luar dirinya merupakan refleksi atau cerminan dari apa yang terjadi di dalan dirinya.

Baca juga: Andien Akui Merasakan Titik Balik Saat Hamil Anak Pertama

"Selama perjalanan gue itu, gue banyak sekali mencoba untuk menyelesaikan masalah yang gue rasa oh ini di luar, harusnya dia gini, harusnya dia gitu, tapi enggak selesai-selesai," tutur Andien.

"Sampai akhirnya gue menemukan bahwa oh ternyata katanya masalah ada di dalam diri," ujar ibu dua anak itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski tak mudah, Andien belajar untuk lebih mengenal dirinya sendiri agar bisa menyelesaikan masalah-masalah yang selama ini dia pikir ada di luar dirinya.

Baca juga: Hobi Menulis Jurnal di Buku, Andien: Aku Orang Lama Kali Ya

"Gue selalu bilang bahwa sulit sekali kita sebagai manusia melihat diri kita sendiri dari perspektif yang zoom out," kata Andien.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X