Cerita Sutradara Film Tilik Tentang Gotrek yang Baru Main Film

Kompas.com - 21/08/2020, 07:22 WIB
Potongan gambar adegan film pendek Tilik. Bidik layar YouTube Ravacana FilmsPotongan gambar adegan film pendek Tilik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Wahyu Agung Prasetyo mengungkapkan para pemeran tambahan, yakni gerombolan ibu-ibu yang ada di film pendek Tilik baru pertama kali terlibat di dalam sebuah produksi film.

"Pemain-pemain ekstra yang lain yang ada di truk-truk itu, itu semua baru pertama kali main film, dan kita emang pengin memberi itu kan enggak selalu soal materi, tapi juga soal pengetahuan," ungkap Agung dalam kanal YouTube Ravacana Films, dikutip Kompas.com, Kamis (20/8/2020).

Rupanya, kata Agung, hal ini merupakan siasat dari tim untuk sengaja mengajak orang-orang sekitar terlibat dalam film ini.

Baca juga: Joko Anwar Komentari Film Tilik: Sederhana, tapi Gigit

Terlebih, terlibatnya masyarakat ke dalam produksi film Tilik menjadikan pengalaman baru untuk mereka semua.

"Nah itu yang kami siasati jadi strategi. Yuk, coba kita ngajar orang-orang kampung buat main film, kita kasih pengalaman baru, kita kasih pengetahuan baru untuk mereka," ucap Agung menambahkan.

Sementara itu, Agung mengatakan ada seorang pemeran tambahan yang tergabung dan awalnya cukup kaku saat proses pembacaan naskah.

Namun siapa yang sangka ia justru terlihat natural saat masuk dalam set dan memulai adegannya.

"Di luar main talent, kita melibatkan banyak ekstras. Melibatkan supporting talent yang ada namanya Mas Gotrek," ujar Agung.

Gotrek berperan sebagai sopir truk yang membawa rombongan ibu-ibu.

"Dia seorang sopir truk yang baru pertama kali main film. Cuma punya basic main ketoprak dan lucunya ketika kita reading, dia kelihatan kaku banget. Ternyata ketika sudah main, sudah di set, ternyata dia luwes banget," tuturnya lagi.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X