Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

William Wongso Sebut Gordon Ramsay Mabuk Lihat Bumbu Rendang

Kompas.com - 18/08/2020, 13:57 WIB
Rintan Puspita Sari,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chef William Wongso sebut seorang Gordon Ramsay bisa mabuk jika melihat banyaknya jumlah bumbu yang digunakan ketika membuat rendang.

Seperti diketahui, William Wongso sempat membuat heboh dengan ditunjuknya dia sebagai pendamping Chef Gordon Ramsay di program dokumenter National Geographic pada Juni 2020.

Kepada Ashanty, William membanggakan tentang bahan rendang yang dia perkenalkan pada Gordon.

Sambil menghitung jumlah bumbu yang digunakan dan mencapai 15 macam, Chef yang mendapat julukan sebagai 'master rendang' itu menjelaskan bagaimana jumlah bumbu itu bisa membuat mabuk Gordon. 

Baca juga: Resep Tumis Buncis Bumbu Rendang ala William Wongso

"Kalau saya keluar negeri yang saya perkenalkan ini bumbu yang lengkap. Karena setiap nagari (desa) punya komposisi sendiri-sendiri, tapi ini yang lengkap," kata William dikutip dari vlog The Hermansyah A6, Selasa (18/8/2020).

"Dan yang bikin dia (Gordon) surprise, coba kamu bayangkan, ya, (15 bahan) buat chef kaliber seperti Gordon Ramsay lihat ini sudah mabuk," ucapnya lagi.

Mabuk yang dimaksudnya adalah meskipun dengan jumlah bumbu yang luar biasa banyak, ketika disajikan, rendang memiliki rasa, aroma yang lezat dan menyatu.

"15 rempah terus begitu selesai jadinya kok harmonis banget, harumnya. Karena tiap-tiap (bumbu) punya peranan," lanjut William. 

Baca juga: Resep Nasi Goreng Rendang ala William Wongso, Sarapan dari Sisa Rendang

Menurutnya, daerah Sumatera Barat memiliki kualitas kelapa yang luar biasa, sehingga masakan yang mereka hasilkan juga nikmat.

Bukan hanya santan, cabai juga demikian, ketika dibiarkan meresap masuk ke dalam proses merandang, rasa pedasnya akan berubah menjadi seperti lada.

"Lebih pepperi dibanding pedes yang gosong di lidah," kata William.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com