Kritik Para Sineas atas Twit Menteri Tjahjo Kumolo yang Bagikan Tautan Film Ilegal

Kompas.com - 18/08/2020, 10:58 WIB
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo usai memberikan penghargaan zona integritas kepada instansi dan lembaga pusat serta daerah di Menara Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (10/12/2019). KOMPAS.com/Deti Mega PurnamasariMenPAN-RB Tjahjo Kumolo usai memberikan penghargaan zona integritas kepada instansi dan lembaga pusat serta daerah di Menara Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (10/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo sempat menjadi perbincangan hangat di Twitter pada Hari Kemerdekaan RI.

Lewat akun Twitternya, Tjahjo membagikan tautan film-film perjuangan kemerdekaan Indonesia yang berasal dari pihak tak bertanggung jawab atau ilegal.

Hal ini tentu saja mengundang kritik pedas dari para sineas yang selama ini berjuang untuk melawan pembajakan karya-karya mereka.

Berikut ini para sineas yang mengkritik Tjahjo Kumolo karena membagikan twit film ilegal.

1. Joko Anwar

Joko Anwar menjadi sutradara pertama yang mengeluhkan twit dari Menteri Tjahjo Kumolo.  

Baca juga: Para Sineas Keluhkan Twit Menteri Tjahjo Kumolo yang Bagikan Tautan Film Ilegal

Bertepatan di Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, Joko menilai bangsa ini belum merdeka sepenuhnya jika sikap seorang menteri masih seperti Tjahjo.

"Banyak tautan yang dibagikan di sini diunggah secara ilegal tanpa izin pemilik hak cipta filmnya. Enggak ada gunanya kita merayakan 75 tahun merdeka kalau mengambil hak orang lain, apapun alasannya. Enggak mungkin juga mengedukasi rakyat tentang HAKI kalau pemerintahnya aja enggak paham," tulis Joko Anwar seperti dikutip Kompas.com, Senin (17/8/2020).

Sayangnya saat dihubungi Kompas.com, Joko belum memberikan tanggapan lebih lanjut soal permintaan maaf dari Tjahjo Kumolo yang mengaku khilaf dan salah karena twitnya.

2. Angga Dwimas Sasongko

CEO Visinema Pictures, Angga Dwimas Sasongko, juga mengeluhkan hal yang hampir serupa dengan Joko Anwar. 

Angga merasa kesal karena aparat negara justru tidak memberikan dukungan untuk perkembangan industri kreatif di Indonesia. 

Baca juga: Istri Detri Warmanto Bantah Dapat Rapid Test Covid-19 karena Tjahjo Kumolo

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X