Rossa Sebut Rekaman Lagu Sangchaeo Badeun Maeum Terlama Sepanjang Kariernya

Kompas.com - 14/08/2020, 16:25 WIB
Rossa saat ditemui di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019). KOMPAS.com/IRA GITARossa saat ditemui di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru saja merilis single berbahasa Korea "Sangchaeo Badeun Maeum", Rossa menceritakan kesulitan yang ditemuinya.

Menurut Rossa, lagu yang merupakan versi bahasa Korea dari lagu " Hati yang Kau Sakiti" tersebut merupakan lagu yang proses rekamannya terlama sepanjang kariernya bermusik.

Rossa mengatakan, biasanya hanya butuh waktu satu hingga dua jam untuk take vocal.

Tetapi, hal itu tak berlaku untuk lagu "Sangchaeo Badeun Maeum".

Baca juga: Rilis Single Sangcheo Badeun Maeum, Rossa: Saya Merasa Bertanggung Jawab

Kendala bahasa disebut Rossa menjadi salah satu penyebab kenapa akhirnya proses take vocal yang berlangsung hingga lima jam.

"Kemarin kita sampai lima jam untuk mengerjakan satu lagu. Itu selama karier musik saya take vocal paling lama," ujar Rossa dalam virtual press conference, Jumat (14/8/2020).

Rossa juga menceritakan, untuk merekam lagu tersebut, dia didampingi penerjemah untuk mengartikan kata demi kata agar bisa memahami lagunya.

Baca juga: Rossa dan Gamaliel Tampil Memukau Buka Disney+ Hotstar Grandfest

"Supaya saya paham karena kan sedikit berbeda artinya dengan yang sudah ada lagunya," kata Rossa.

Sebelumnya, Rossa menyebut perilisan single "Sangchaeo Badeun Maeum" adalah bentuk tanggung jawabnya.

Pasalnya, Rossa mengatakan lagunya tersebut didengarkan hingga dicover oleh YouTuber Korea.

Baca juga: Rossa Bocorkan Rencana Rilis Singel dengan SM Entertainment


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X