Untuk Netizen +62, Ini Tips Facebook agar Terhindar dari Hoaks

Kompas.com - 13/08/2020, 06:49 WIB
Tangkapan layar konferensi pers online Facebook dan kreator SI Nopal, Naufal Faridurrazak dalam peluncuran video animasi edukasi #NyamandiSosmed. Facebook IndonesiaTangkapan layar konferensi pers online Facebook dan kreator SI Nopal, Naufal Faridurrazak dalam peluncuran video animasi edukasi #NyamandiSosmed.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan rahasia umum lagi banyak warganet yang sering termakan dengan hoaks dari informasi yang dibaikan warganet lainnya di media sosial.

Platform media sosial Facebook selama satu bulan mendatang tengah melaksanakan kampanye #NyamandiSosmed.

Kampanye itu mengajak warganet Indonesia memahami lebih jauh tentang kendali yang mereka miliki agar tetap aman dan nyaman.

Baca juga: Bareng Si Nopal, Facebook dan Instagram Ajak Netizen Bijak Saring Informasi

Public Policy untuk Facebook di Indonesia, Karissa Swajaldy mengatakan kendali ini juga sangat penting diterapkan wargsnet agar tidak terjebak dalam informasi yang salah.

"Bukan cuma dari kita (Facebook) untuk memastikan pengguna kita aman dan nyaman, tapi juga memastikan bahwa sebenarnya yang memiliki kontrol atas keamanan akun itu adalah penggunanya sendiri," kata Karissa Swajaldy, dalam konferensi pers virtual yang diikuti Kompas.com, Rabu (12/8/2020).

Karissa Swajaldy lalu membagikan tips darinya untuk berhati-hati dengan informasi yang diterima.

Baca juga: Animasi Si Nopal, Saat Hobi Jadi Sumber Rezeki

Apalagi ingin membagikan informasi itu ke orang lainnya.

"Pertama, kita harus teliti dan cermat sebelum membagikan sebuah informasi dari sumber manapun. Kita harus baca baik-baik judul beritanya ataupun nama situs webnya, ada yang aneh tidak, ada yang tidak nyambung. Misalkan isi beritanya sama situs webnya kayaknya tidak kredibel," jelas Karissa Swajaldy.

"Jadi kita harus cek dulu kebenarannya, jangan sampai kita membagikan informasi yang ternyata palsu dan yang lebih parahnya lagi kadang bisa membahayakan orang lain," lanjut Karissa Swajaldy.

Karissa Swajaldy mencontohkan belakangan ini banyak informasi beredar yang menyebutkan bawang putih direndam di alkohol bisa menyembuhkan Covid-19.

Padahal hal itu bisa membahayakan orang yang menggunakan bawangnya.

Facebook Indonesia juga berkolaborasi dengan animator Naufal Faridurrazak yang terkenal dengan tokoh animasi Si Nopal, untuk membuat video penyuluhan kepada warganet.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X