Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gitar Legendaris Jimi Hendrix Laku Dilelang Rp 3 Miliar

Kompas.com - 10/08/2020, 07:34 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Sebuah gitar yang dimainkan gitaris legendaris Jimi Hendrix di awal tahun 60an dijual lewat proses lelang pada Sabtu (9/8/2020).

Gitar listrik Japanese berwarna sunburst itu laku terlelang seharga 216.000 dolar atau setara Rp 3.169.800.000.

Banderol itu hampir empat kali lipat dari perkiraan pra-lelang.

Menurut rumah lelang GWS Auctions, Jimi Hendrix mulai memainkan gitar listrik sunburst Japanese tersebut setelah dia keluar dari Angkatan Darat AS pada tahun 1962. 

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Gitaris Legendaris Jimi Hendrix Meninggal Dunia

“Setelah meninggalkan Fort Campbell Jimi pindah ke Clarksville, Tennessee untuk waktu yang singkat di mana dia bermain di Sirkuit Chitlin dengan orang-orang seperti itu. dari Wilson Pickett, Slim Harpo, Sam Cooke, Ike dan Tina Turner dan Jackie Wilson sebelum pindah ke Harlem, New York pada awal 1964 di mana dia tinggal sampai akhir tahun 1966 di tempat-tempat bermain seperti Cafe Wha dan Klub Cheetah,” kata pihak rumah lelang GWS Auctions.

Jimi Hendrix tetap memiliki gitar tersebut selama kerja sama singkatnya dengan Isley Brothers dan band Jimmy James and the Blue Flames miliknya sendiri.

Namun, ketika Hendrix berangkat ke Inggris untuk memulai pengalamannya, gitar itu ditinggalkan di New York di apartemen temannya Mike Quashie, yang memberikan surat notaris asal usul instrumen tersebut sebelum kematiannya sendiri.

“Gitar khusus ini menjelaskan beberapa permainan paling awal oleh Jimi Hendrix dan belum pernah terjadi sebelumnya karena berkaitan dengan nilai historisnya. Belum pernah sebelumnya kami memperoleh gitar sebesar ini bermitra dengan asal dan nilai yang sangat menyeluruh,” kata Dame Brigitte Kruse dari GWS Auctions dalam sebuah pernyataan. 

Baca juga: Terinspirasi Jimi Hendrix dan Koes Plus, Kelompok Penerbang Roket Bikin Lagu Dangdut

Gitar tersebut memiliki perkiraan pra-lelang sebesar 50.000 dolar, dan mendapatkan tawaran tinggi sebesar 180.000 dolar, tetapi ketika memperhitungkan biaya, total tawaran yang mendapatkan gitar tersebut sebesar 216.000 dolar.

Selain gitar Jimi Hendrix, item terkait musik terkenal lainnya yang dilelang dari acara Artifacts of Hollywood & Music GWS Auctions itu adalah cincin emas 14 karat milik Elvis Presley seharga 22.500 dolar, sepasang sepatu bot ungu buatan Prince seharga 13.000 dolar dan salah satu jaket hitam berpayet milik Michael Jackson seharga 20.000 dolar. 

Untuk diketahui, James Marshall atau Jimi Hendrix adalah musisi, penyanyi, penulis lagu, gitaris dan tokoh budaya Amerika. 

Jimi Hendrix sering disebut sebagai salah satu pemain gitar listrik paling berpengaruh dalam sejarah musik rock.   

Lagu-lagunya seperti "Little Wing", "Red House", "Foxy Lady", "Vodoo Child" dan "Hey Joe" telah menginspirasi banyak gitaris ternama lain, sebut saja Slash, Stevie Ray Vaughan dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Tanpa Abdee, Slank Tuntut Ridho Bermain Seperti Jimi Hendrix

Jimi Hendrix lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat, 27 November 1942 dan meninggal di London, Inggris, 18 September 1970 pada umur 27 tahun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com